Clock By Blog Tips

Friday, October 7, 2011

Utusan Nuklir Korsel Adakan Pembicaraan di AS



Seoul - Kepala utusan nuklir baru Korea Selatan (Korsel), Kamis (6/10) bertolak ke Amerika Serikat untuk mempersiapkan pertemuan puncak di sana pekan depan dan mengadakan pembicaraan mengenai masalah Korea Utara (Korut), kata kementerian luar negeri. Perjalanan itu terjadi hanya sehari setelah Lim Sung-Nam ditunjuk untuk tugas tersebut, menggantikan Wi Sung-Lac yang menjadi duta besar untuk Rusia.

Selama berada di Amerika sampai Sabtu, Lim dan para pejabat AS akan membahas upaya-upaya untuk menghidupkan kembali perundingan enam negara mengenai perlucutan senjata nuklir Korut yang macet, kata kementerian tersebut.

Pembicaraan bertujuan untuk mengkoordinasikan sikap bersama sebelum Presiden Lee Myung-Bak dan Barack Obama mengadakan pertemuan puncak di Washington pada 13 Oktober.

Korut meninggalkan forum enam pihak pada April 2009 dan menggelar uji senjata nuklir kedua sebulan kemudian.

Sekarang Korut kembali perundingan nuklir enam negara tanpa syarat.

Tetapi Amerika Serikat dan Korsel, mengatakan Korut pertama-tama harus menunjukkan pihaknya serius tentang proses itu, terutama dengan menutup program pengayaan uranium yang dapat dikonfigurasi ulang untuk membuat bom.

Bulan lalu, utusan nuklir Korut dan Korsel mengadakan pertemuan kedua dalam sebulan untuk mencoba meletakkan dasar bagi dimulainya kembali perundingan enam negara. Tidak ada kemajuan yang signifikan dilaporkan. (Ant/AFP)



Sumber : Analisa

0 komentar:

Post a Comment