Clock By Blog Tips

Friday, December 3, 2010

Polda DIY Amankan Bom ”Low Explosive”

YOGAYAKARTA – Polda DIY mengamankan satu paket rangkaian bom berdaya ledak rendah (low explosive) yang ditemukan di Sendang Sriningsih, Dusun Jali, Gayamharjo, Prambanan, Sleman. Bom tersebut ditemukan oleh Widodo, warga setempat, pada Rabu (1/12) pagi sekitar pukul 05.00 WIB, namun baru dilaporkan pada sore harinya.

”Peledak ini low explosive, namun sifatnya membakar karena disambungkan dengan bensin sebanyak 2,5 liter. Saya perintahkan pada seluruh jajaran untuk waspada dan masyarakat harap segera melapor ketika melihat barang seperti ini,” terang Kapolda DIY Brigjend Ondang Sutarsa Sleman, Kamis (2/12).

Sementara itu, Kapolres Sleman AKBP Irwan Ramaini menjelaskan saat ini pihaknya sudah meminta keterangan tiga orang, termasuk orang yang pertama kali menemukannya. ”Peledak ini mulanya, oleh Widodo, sempat dibawa pulang ke rumah. Namun, karena semakin curiga, sore hari dilaporkan kepada aparat desa dan diteruskan kepada kami,” terangnya.

Menurut Irwan, jenis bom yang ditemukan kali ini sama persis dengan bom yang ditemukan di Klaten sebelumnya. ”Kami belum bisa menyimpulkan ya. Tetapi, jenis dan bentuknya sama dengan empat bom yang ada di Klaten kemarin. Makanya, kami terus selidiki,” jelas Irwan.

Bom itu juga tergolong canggih dengan detonator yang bisa meledakkan bensin dengan semburan api ke segala arah.
YK/N-1 

koran jkt

 

0 komentar:

Post a Comment