Clock By Blog Tips

Tuesday, December 28, 2010

Korut Balik Mengancam

Ilustrasi ; Korut Siap Luncurkan Nuklir ke Pasukan AS-Korsel (tribunnews)

KOREA Utara memperingatkan akan berkobar sebuah "perang suci" melawan Selatan dengan menggunakan penangkal nuklir, Kamis. Pernyataan ini disampaikan tak lama setelah Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak melancarkan seruan "balasan tanpa ampun" jika wilayah selatan diserang lagi.

Kedua belah pihak menaikkan retorika bersamaan dengan latihan militer Korea Selatan (Korsel) di perbatasan kedua negara. Sebelumnya Korea Utara (Korut) juga mengancam akan menjadikan Korsel sebagai abu dan mencela tetangganya yang lebih kaya itu sebagai penghasut perang. 

"Untuk mengatasi manuver musuh yang mendorong situasi ke tepi jurang perang, pasukan revolusioner kami membuat persiapan untuk memulai perang suci setiap saat diperlukan dengan nuklir," kata kantor berita KCNA mengutip Menteri Angkatan Bersenjata Kim Yong-chun. 

Meski berkali-kali mengancam dengan senjata nuklir, para analis mengatakan Korut tidak punya jalan mengoperasikan perangkat nuklir. Korut sebenarnya sudah melakukan berbagai isyarat damai, misalnya dengan menawarkan kesempatan inspektur nuklir PBB yang mengkhawatirkan pengembangan program senjata nuklirnya. 

Korut dikatakan telah melakukan teknik ”flip-flop”. Sebelumnya mengancam Korsel dengan perang nuklir sebelum latihan militer, sehari kemudian mengabaikan latihan berlangsung. ”Lalu meluncurkan inisiatif perdamaian, dan sekarang, hanya beberapa hari kemudian, sekali lagi mengancam perang nuklir, "kata Mark Hibbs dari Carnegie Endowment for International Peace. 

Taktik ”flip-flop” bagian upaya Korut membuat semua orang menebak-nebak dan memberinya nilai tawar. ”Korut juga terkejut melihat respons internasional dingin dan terukur saat menyambut tawaran IAEA (Badan Energi Atom Internasional) inspeksi,” kata Mark.

Jurnas
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment