Clock By Blog Tips

Tuesday, December 28, 2010

China Perketat Pengawasan terhadap Intel Korsel

SEOUL - China saat ini tengah memperketat pengawasannya terhadap sejumlah intel Korea Selatan (Korsel) yang tertangkap telah mengumpulkan informasi intelijen mengenai Korea Utara (Korut) di negeri tirai bambu itu. Beijing bahkan memenjarakan salah satu dari para tersangka meskipun Seoul telah melakukan pembelaan.

Seperti dilansir AFP pada Selasa (28-12-2010), intel itu tengah mencoba mengumpulkan informasi mengenai nuklir dan program peluru kendali Korea Utara (Korut) ketika pihak China menangkapnya pada Juli tahun lalu. Kementerian Pertahanan China masih menolak memberikan komentar mengenai hal ini.

Sebuah surat kabar menyebut pria yang diidentifikasi sebagai Mayor Cho itu ditangkap di kota Shenyang, bagian timur laut China. Informasi itu didapatkan dari pertemuan dengan seorang pejabat militer China.

Mayor Cho diketahui membayar dolar miliknya kepada petugas China untuk mendapatkan informasi terkait dengan pengembangan nuklir dan peluru kendali milik Korut. Dia dijatuhi hukuman penjara selama 14 bulan, walaupun Seoul telah mengajukan permohonan untuk membebaskannya.

Agen intelijen yang tertangkap biasanya dapat dibebaskan dan dikembalikan ke negaranya setelah negara asalnya menuliskan surat pernyataan agar sang agen tidak mengulangi perbuatannya.

Penjatuhan hukuman penjara bagi Mayor Cho telah memunculkan suara-suara sumbang dari para agen Korsel. Pasalnya, Cho ditahan bersama dengan para pelaku perampokan dan penipuan
okezone 
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment