Clock By Blog Tips

Wednesday, February 9, 2011

Kamboja Tepis Tuduhan Kuil Dijadikan Basis Militer


PREAH VIHEAR - Kamboja menepis keras tuduhan Thailand yang menyatakan prajurit Kamboja menggunakan kuil kuno sebagai basis militer mereka. Kuil itu terletak di perbatasan yang selama ini menjadi biang pertikaian kedua negara tetangga itu.

Kuil Preah Vihear yang dianggap sebagai warisan budaya dunia, menjadi saksi biksu pertempuran antara pasukan Kamboja dan Thailand yang berlangsung selama empat hari lalu.  Baku tembak tersebut menyebabkan delapan orang tewas dan puluhan lainnya terluka.

Selongsong peluru ditemukan di sekitar wilayah kuil yang dilindungi oleh badan konservasi PBB UNESCO tersebut. Diperkirakan kuil itu mengalami kerusakan yang cukup parah. Alhasil, kedua negara saling menyalahkan siapa yang bersalah atas penyebab kerusakan dari kuil tersebut.
Thailand sendiri menuduh Kamboja menempatkan pasukannya di kuil tersebut dan melepaskan tembakan ke arah pasukan Thailand yang terletak di seberang perbatasan kedua negara.
Namun pihak Kementerian Luar Negeri Kamboja sendiri menepis tuduhan tersebut. " Hingga saat ini tidak ada dana tidak akan pernah ada pasukan Kamboja yang ditempat di Kuil Preah Vihear," menurut Kemlu Kamboja seperti dikutip Associates Press, Rabu (9/2/2011).
"Tempat (kuil) ini selalu menjadi tempat berdoa dan wisata," lanjut keterangan Kemlu Kamboja.
Namun jurnalis Associated Press sempat melihat ratusan prajurit Kamboja berada di sekitar kuil tersebut. Mereka terlihat membangun barikade pasir di sekitar kuil.
Mengenai kerusakan kuil, Kamboja balik menuduh pihak Thailand telah merusak beberapa bagian kuil tersebut dengan serangan artileri mereka. Namun Thailand menilai tuduhan tersebut sebagai bentuk propaganda yang dilakukan oleh Kamboja.
 
 
okezone
 

0 komentar:

Post a Comment