Clock By Blog Tips

Wednesday, February 9, 2011

Dialog Duo Korea Berakhir Kegagalan

Seoul -  Juru bicara Kementrian Persatuan Korea Selatan (Korsel) di Seoul menyatakan diksusi militer antara duo Korea gagal. Mereka gagal merundingkan usaha meredakan ketegangan setelah penyerangan oleh Korea Utara (Korut) di bagian selatan pulau Korsel November lalu.

"Perundingan sudah gagal. Mereka (Korut) bahkan tidak sepakat mengenai tanggal untuk perundingan berikutnya,” kata juru bicara Kementrian persatuan seperti dikutip Reuters, Rabu (9/2/2011).

Dia merujuk pada perundingan pertama menyangkut penyerangan pulau Yeonpyeong yang menewaskan empat orang dan memicu timbulnya perang.

Kolonel dari dua Korea tersebut, yang secara tekhnis masih terlibat konflik sejak perang sipil mereka berakhir dengan gencatan senjata bukan perjanjian tahun 1950-1953, Colonels from the two Koreas, bertemu di Panmunjom, desa gencatan senjata, untuk merundingkan waktu dan tempat pelaksanaan dialog.

Korsel mendesak Korut mengakui keterlibatan mereka dalam pengeboman di Yeonpyeong dan penyerangan kapal angkatan laut di bagian selatan pada bulan Maret yang menewaskan 46 pelaut. Namun, Korut menolak untuk membicarakan isu tersebut.

Menteri Pertahanan Korut menolak memberi komentar. Korut membantah telah menenggelamkan kapal angkatan laut tersebut dan menyalahkan kapal Korsel tersebut berada di perairan sengketa.

Para pengamat sudah mengatakan kedua negara tersebut sebaiknya melakukan jeda sebelum melakukan perundingan dan melihat bahwa perundingan bisa memakan waktu sampai mingguan bahkan bulanan.
Sebelumnya, kementrian persatuan menyatakan adanya harapan Korsel dan Korut bisa duduk bersama membicarakan isu kemanusiaan.

okezone
 

 

0 komentar:

Post a Comment