Clock By Blog Tips

Friday, December 3, 2010

Korut Rencanakan Serangan Sejak Agustus?

Perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara
Seoul – Intelijen Korea Selatan menangkap sebuah petunjuk bahwa Korea Utara telah berencana menembakkan artileri sejak Agustus lalu. Benarkah?

Anggota komite National Assembly Intelligence mengutip pernyataan tersebut dari Direktur National Intelligence Service (NIS) Won Sei-hoon. NIS mengetahui hal ini setelah menyadap rezim Korut memerintahkan militer untuk menyiapkan serangan terhadap lima pulau di Laut Barat.

NIS, menurut lembaga itu, mengaku telah menyerahkan laporan intelijen kepada Presiden Korsel Kee Myung-bak. “Begitu seringnya Korut membuat ancaman, pemerintah pun kurang menganggapnya serius,” demikian komite.

Won menyatakan sulit menyadap komunikasi militer sebelum dan pada hari sernangan. Sebab Utara menggunakan komunikasi darat dalam segala operasi, bukan lewat kabel yang canggih.

Hal ini juga menyebabkan Korsel sulit memeriksa kerusakan apa yang terjadi di wilayah Utara setelah serangan balasan. “Sudah jelas, ini provokasi dari Utara yang mencoba menggoyah kesatuan Selatan,” demikian Won seperti dikutip komite itu.

Inilah.com

0 komentar:

Post a Comment