Clock By Blog Tips

Friday, December 24, 2010

AS Serang Pernyataan "Perang Suci" Korut

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Philip Crowley
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengecam pernyataan sekaligus ancaman Korea Utara (Korut) yang menyatakan siap melakukan "perang suci" melawan Korea Selatan (Korsel). Negara sekutu AS ini tengah mengadakan latihan militer di daerah dekat perbatasan dengan Korut.

Seperti dilansir BBC pada Jumat (24/12/2010), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Philip Crowley mengatakan pihaknya sama sekali tidak bisa membenarkan kata-kata agresif Korut itu.

Seoul dan Pyongyang memang semakin sering terlibat perang kata-kata di tengah memanasnya tensi di semenanjung Korea. Seoul sendiri sempat menyatakan akan melakukan respon keras terhadap serangan dalam bentuk apapun dari Korut.

Bulan lalu, Korut melepaskan sejumlah tembakan ke sebuah pulau milik Korsel. Serangan tersebut telah mengakibatkan 4 orang dari pihak Korsel tewas.

Pernyataan mengenai perang suci yang disampaikan Menteri Pasukan Bersenjata Korut Kim Yong-chun merupakan pernyataan terkeras Pyongyang sejauh ini, sejak penyerangan ke Pulau Yeonpyeong.

Kalangan analis meyakini pernyataan keras itu mungkin disesuaikan dengan peringatan 19 tahun Kim Jong-il memimpin pasukan bersenjata di negaranya. Peringatan tersebut akan digelar pada hari ini.

"Kami butuh tindakan-tindakan yang konstruktif, bukan pernyataan-pernyataan yang menyerang," ujar Crowley  melalui twitter
 
 okezone
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment