Clock By Blog Tips

Friday, December 24, 2010

2011, Korut Akan Uji Coba Nuklir Lagi


Seoul: Korea Utara diduga kembali melakukan uji senjata nuklir ketiganya tahun depan dan prospek untuk pembicaraan bilateral dengan Selatan semakin tipis.

Demikian laporan sebuah riset lembaga Kementerian Luar Negeri Korea Selatan, Jumat (24/12), sehari setelah Pyongyang berikrar untuk melakukan "perang suci" nuklir dan Seoul mengadakan latihan militer besar di dekat perbatasan.

Korea Utara, yang melakukan uji nuklir pada 2006 dan 2009, belum menunjukkan gelagat menyerang Korsel. Tapi uji ketiga dipastikan meningkatkan ketegangan lebih lanjut di Semenanjung Korea.

"Uji coba ketiga untuk mengupayakan perbaikan pada kemampuan produksi senjata nuklir, menjaga ketegangan militer tinggi dan mempromosikan status Kim Jong-un (putra termuda pewaris Kim Jong-il) sebagai pemimpin berikutnya," tambah laporan itu.

Para pengamat menilai, Korut sengaja melakukan itu sebagai taktik. Pyongpan hendak mengajak Korea Selatan, China, Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat kembali ke meja perundingan.

"Beberapa bentuk dari pertemuan antara anggota enam-partai bisa diadakan selama 2011 untuk mendiskusikan pengayaan uranium Korea Utara, tapi kemungkinan sangat rendah untuk dicapainya setiap kemajuan yang berarti," kata lembaga ini.

metronews
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment