Clock By Blog Tips

Thursday, February 10, 2011

Korut : Korsel Tolak Dialog Sejati


Seoul - Korea Utara Kamis (10/2) mengatakan, Korea Selatan tidak ingin untuk memperbaiki hubungan dan bahwa pihaknya tidak lagi merasa perlu untuk terlibat dengan tetangganya itu setelah pembicaraan militer antar-Korea gagal.

"Dalam situasi di mana (mereka) tidak ingin untuk meningkatkan hubungan Utara-Selatan dan menolak dialog itu sendiri, militer dan rakyat kami tidak lagi merasa perlu berhubungan dengan Korea Selatan," menurut kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, mengutip pernyataan dari delegasi yang gagal dalam perundingan.

Pembicaraan awal militer antara dua negara tetangga Rabu itu gagal karena adanya perbedaan agenda pertemuan yang dirancang untuk tingkat senior. Delegasi Korea Utara tiba-tiba meninggalkan pertemuan pada hari kedua.

Seoul mengatakan, tawaran untuk melakukan pembicaraan militer tingkat senior masih berlaku, tetapi pada kondisi Korea Utara "mengambil langkah-langkah yang bertanggung jawab mengenai" serangan tahun lalu. Sebanyak 50 warga Korea Selatan tewas tahun lalu dalam dua serangan Korea Utara terhadap Selatan.
Seoul menyalahkan Utara mentorpedo salah satu kapal perangnya, Cheonan, pada Maret, tetapi Pyongyang membantahnya.

Pada November, Korea Utara membombardir sebuah pulau Korea Selatan, Yeonpyeong, yang menewaskan setidaknya empat orang termasuk penduduk sipil.

Runtuhnya pembicaraan antar-Korea juga menyangkut kemunduran bagi pelanjutan kembali perundingan-perundingan perlucutan senjata internasional yang diimbali dengan bantuan energi dan diplomatik, yang telah terhenti selama lebih dari dua tahun.

"Secara lahiriah, mereka bertindak seperti jika mereka tertarik untuk melakukan dialog, tapi di dalam mereka menolak dialog tersebut, menghalangi pembukaan kembali pembicaraan enam pihak dan memblokir aliran dialog antara negara-negara di sekitar semenanjung Korea," kata KCNA.
 
 
 
 
wartakota
 

0 komentar:

Post a Comment