Clock By Blog Tips

Wednesday, January 11, 2012

Cina Kecam Petualangan Militer AS

Liu Weimin, Jubir Kemenlu Cina

Cina mengatakan tuduhan dilontarkan terhadap negara dalam strategi pertahanan baru Amerika Serikat "tidak berdasar" dan bertujuan untuk melawan kekuasaan negara Asia tumbuh.


"Tuduhan terhadap Cina dalam dokumen ini tidak berdasar dan tidak bisa dipercaya," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Liu Weimin, Senin, menolak gagasan bahwa Beijing menimbulkan ancaman bagi negara lain.

Pernyataan datang sehari setelah Presiden AS Barack Obama mengumumkan strategi pertahanan untuk memperluas kehadiran militer negara itu di Asia-Pasifik dalam upaya untuk mengalihkan fokus Pentagon ke Timur Jauh dan mengalihkan lahan perang melawan militan.

Dokumen tuntutan AS bahwa China memperjelas tujuan strategis sebagai kekuatan militer yang tumbuh.

Liu mengatakan " modernisasi pertahanan " China berfokus pada peningkatan keamanan nasional dan pembangunan damai "memainkan peran aktif dalam memelihara perdamaian dan keamanan regional."

Pergeseran Washington terakhir telah muncul akibat kekhawatiran dari pertumbuhan militer Cina dan rudal arsenal anti kapal.

Pada hari Jumat, kantor berita China Xinhua memperingatkan bahwa setiap militerisme Amerika di kawasan Asia-Pasifik akan "membahayakan perdamaian bukannya meningkatkan stabilitas regional."

Ketegangan telah meningkat sejak AS mengatakan akan memperkuat kehadiran militernya di wilayah Asia-Pasifik meskipun kendala fiskal.

Cina khawatir bahwa sikap pertahanan baru Washington adalah bertujuan untuk mengepung Beijing. Ada kekhawatiran meningkat di Amerika Serikat tentang tingkat pertumbuhan dan kemampuan militer Cina.
 
 
Sumber : Islamtimes

0 komentar:

Post a Comment