Clock By Blog Tips

Friday, June 15, 2012

Brigade Artileri AS Tetap Mewaspadai Korut

Foto : Pasukan AS di Korsel (armybase)

Para pasukan Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel) mengusulkan agar brigade artileri tetap berada di bagian utara Kota Seoul. Artileri itu ditempatkan untuk merespons segala bentuk serangan artileri Korea Utara (Korut).

"Pasukan AS menawarkan penempatan Brigade ke-210 yang tergabung dalam infantri kedua agar tetap berada di basisnya, Dongducheon. Brigade itu tidak akan dipindahkan ke wilayah selatan, tepatnya di basis Pyeongtaek," demikian pernyataan militer AS, seperti dikutip Chosun Ilbo, Jumat (15/6/2012).

Sumber dari militer AS mengatakan, bila brigade itu dipindahkan ke selatan, pasukan-pasukan itu akan mengalami kesulitan untuk merespons serangan artileri dari Korut. Saat ini, brigade artileri AS sudah dilengkapi dengan 30 peluncur roket, mereka pun diperintahkan untuk memusatkan sasaran ke artileri jarak jauh milik negeri komunis.

Bila brigade artileri itu tetap berada di Dongducheon, hanya angkatan darat dan angkatan udaralah yang akan dipindahkan ke Pyeongtaek. Seperti diketahui, ancaman-ancaman serangan dari Korut pun sering muncul belakangan ini dan hal itu bukanlah menjadi hal baru.

Sebelumnya, komandan pasukan AS di Korsel, Jendral James Thurman, menyarankan negaranya dan Korsel agar menjaga Komando Pasukan Gabungan. Hal itu dilakukan hingga 2015 mendatang.


Sumber : Okezone

0 komentar:

Post a Comment