Clock By Blog Tips

Friday, July 20, 2012

Heli Sea Dragon US Navy Jatuh di Oman

Helikopter MH-53E Sea Dragon dari Skuadron Helikopter Penyapu Ranjau 15 "Blackhawks" sedang mendarat di geladak kapal serbu amfibi USS Essex milik US Navy, 10 Januari 2005.


Heli angkut berat MH-53E Sea Dragon milik Angkatan Laut AS (US Navy) dilaporkan jatuh di Oman, Kamis (19/7/2012). Kecelakaan diduga disebabkan masalah teknis, bukan serangan pihak lain.

Letnan Greg Raelson, juru bicara Armada Kelima US Navy menyatakan, heli tersebut jatuh saat melakukan operasi angkutan berat. Posisi jatuhnya heli berada sekitar 93 kilometer sebelah barat daya ibu kota Oman, Muscat.

Raelson mengatakan, nasib lima awak heli belum diketahui. Namun, seorang pejabat Oman mengatakan, tiga awak telah ditemukan dalam keadaan luka-luka dan saat ini dirawat di rumah sakit.

Heli yang jatuh berasal dari Skuadron Helikopter Penyapur Ranjau 15 yang berpangkalan di Norfolk, Virginia, AS. Heli bermesin tiga itu bisa beroperasi dari geladak kapal induk maupun kapal-kapal perang milik US Navy lainnya. Tugas utama heli tersebut adalah menjalankan misi penyapu ranjau jarak jauh.

AS telah menumpuk kekuatan militer di kawasan Teluk Persia, untuk menjaga kemungkinan Iran menutup Selat Hormuz. Salah satu strategi Iran untuk menutup selat yang vital bagi jalur pelayaran minyak bumi itu adalah dengan menebar ranjau di jalur pelayaran yang sempit tersebut.

Raelson tidak memberikan keterangan lebih rinci soal kecelakaan heli tersebut, dan hanya mengatakan jatuhnya heli bukan karena tindak permusuhan pihak-pihak lain.



Sumber : Kompas

1 komentar:

Didik Ariyanto said...

Your Article Is This Very Helpful Thanks For Sharing.............................!!!!!!

Post a Comment