Clock By Blog Tips

Tuesday, July 24, 2012

Warga Jepang Terus Menentang Penempatan Pesawat Osprey


Senin pagi (23/7) pesawat Osprey MV-22 sedang diturunkan dari sebuah kapal kargo di pangkalan marinir AS di Iwakuni, barat Jepang, demikian dilaporkan AFP.

Para aktivis Jepang pada saat yang sama menggelar demonstrasi di dekat pangkalan tersebut dan meneriakkan slogan "Kami tidak menginginkan Osprey!" dan "Osprey, pulang ke Amerika!"

Militer AS menginginkan pemeriksaan pesawat Osprey di Iwakuni. Menurut rencana pesawat tersebut akan dikerahkan sepenuhnya di Okinawa pada bulan Oktober, namun warga Okinawa menolak rencana tersebut karena kekhawatiran keamanan.

Osprey adalah merupakan pesawat hibrida dengan rotor yang dapat terbang seperti helikopter dan mesin yang dapat miring ke depan, untuk terbang seperti pesawat terbang dengan kecepatan jauh lebih cepat dari helikopter. Namun pesawat tersebut memiliki catatan keselamatan yang buruk.

Sejak tahun-tahun awal diproduksi di era 90-an, pesawat tersebut telah mengalami berbagai masalah dan kecelakaan.

Ahad (22/7), lebih dari 1.000 demonstran Jepang menggelar protes di luar pangkalan Iwakuni menentang penempatan pesawat Osprey. Mereka menuntut para pejabat melarang masuknya pesawat Osprey ke pangkalan AS, dengan alasan menimbulkan ancaman serius bagi keselamatan warga sipil.

"Jika pesawat transport Osprey datang, kami tidak bisa lagi tinggal di sini, karena pesawat itu sangat berbahaya," kata salah satu demonstran.



Sumber :Iran Indonesian Radio

0 komentar:

Post a Comment