Clock By Blog Tips

Wednesday, May 30, 2012

Bahas Hankam, Menteri Pertahanan se-ASEAN ke Kamboja


Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro bersama dengan para Menteri Pertahanan se-ASEAN, Selasa (29/5) menghadiri ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) di  Phnom Penh, Kamboja.

ADMM merupakan pertemuan para menteri pertahanan se-ASEAN untuk membahas dan mengadopsi langkah-langkah dan mekanisme dalam meningkatkan kerjasama pertahanan dan keamanan di antara negara-negara ASEAN.

ADMM dilaksanakan setiap tahun dan merupakan mekanisme pertemuan pertahanan tingkat tinggi organisasi ASEAN dalam rangka mendukung program ASEAN Community 2015. Negara peserta ADMM adalah: Brunai Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Phiilipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pertemuan ini merupakan yang ke-6 dan berlangsung selama tiga hari sejak 29 Mei 2012. Kali ini tema yang diusung, "Enhancing ASEAN Unity for a Harmonized and Secure Community". Pertemuan ini diketuai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Kamboja Jenderal Tea Banh.

Dalam sambutannya, Tea Banh mengatakan, pertemuan ini ditujukan untuk memperkuat dan membangun Komunitas Politik Keamanan ASEAN pada 2015.

"Sangat penting bagi kami untuk lebih meningkatkan kerjasama kami untuk menyelesaikan semua konflik regional, kapasitas kesenjangan, dan perbedaan dalam kerja sama," kata Tea Banh dalam rilis Kementerian Pertahanan RI kepada PelitaOnline, Selasa (29/5).

Ia juga menekankan bahwa kerja sama keamanan dan kalangan angkatan bersenjata negara anggota ASEAN dengan ASEAN mitra sangat penting untuk menjamin perdamaian, stabilitas, dan pembangunan bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Dijelaskannya, pertemuan ini juga mengkaji kemajuan dalam kerja sama dalam keamanan maritim, kedokteran militer, bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, operasi pemeliharaan perdamaian dan kontra-terorisme. Pada akhir pertemuan, akan ada pernyataan bersama pada kesatuan ASEAN untuk meningkatkan masyarakat yang harmonis dan aman.

Kambajo menjadi tuan rumah pada pertemuan ADMM ke 6 setelah menerima Keketuaan ADMM 2012 dari Indonesia yang sebelumnya menjadi Ketua ADMM 2011.

Diketahui, pada tahun lalu Indonesia melalui Kementerian Pertahanan menjadi Ketua ADMM 2011 dan telah sukses menjadi tuan rumah penyelenggaraan ADMM ke 5.


Sumber : Pelita

0 komentar:

Post a Comment