Clock By Blog Tips

Thursday, January 19, 2012

Menhan Minta TNI Waspada Jelang Pilpres 2014

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro

Jakarta, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro meminta TNI untuk waspada dengan meningkatnya suhu politik nasional menjelang Pemilu 2014.

Dalam sambutannya pada Rapat Pimpinan TNI 2012 di Jakarta, Rabu, Menhan Purnomo mengatakan tantangan TNI akan semakin besar mengingat meningkatnya suhu politik menjelang Pemilihan Presiden pada 2014 mendatang.

"Karena itu, mensyaratkan fungsi pertahanan negara yang maksimal karena tantangannya akan semakin kompleks ke depan," ujar Purnomo.

Menhan minta TNI agar selalu optimal dalam menjaga wilayah NKRI.

"Tindakan ini perlu agar kita terhidar dari risiko yang dapat mengganggu pertahanan negara dan keutuhan bangsa Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono saat membuka Rapim TNI 2012 mengatakan berdasar perkembangan kondisi nasional dan lingkungan strategis saat ini serta kecederungannya pada 2012 maka persepsi ancaman yang potensial maupun faktual berada pada isu politik dan ekonomi nasional.

Agus Suhartono menambahkan, masalah bencana alam, dampak pemanasan global, aksi kelompok radikal, konflik horisontal, dan gerakan separatis maupun perbatasan, berdampak pada kebijakan penetapan skala prioritas pembangunan TNI.

"Tidak itu saja, termasuk permasalahan regional maupun global yang berdampak pada situasi nasional," kata Panglima TUI.

Beberapa permasalahan regional misalnya masalah perbatasan, kejahatan lintasnasional, dan keamanan laut. Sedangkan di tingkat global antara lain kesulitan perekonomian di Amerika Serikat dan Eropa, kelangkaan energi, pemanasan global, dan perkembangan politik di Timur Tengah.

Rapim TNI 2012 bertemakan "Dengan Komitmen dan Konsistensi yang Tinggi, TNI Bertekad Melanjutkan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Kekuatan Pokok Minimum".

Rapim TNI juga menampilkan pameran alat peralatan pertahanan dalam negeri di lapangan apel BIII Mabes TNI.

Dalam pameran itu terdapat 38 perusahaan dengan rencana materiil yang akan dipamerkan Mabes TNI antara lainn kendaraan taktis 4x4 TNI, dan Balitbang Kemhan Roket R-Han 122 mm dan 200 mm.


Sumber : Kemhan

0 komentar:

Post a Comment