Clock By Blog Tips

Monday, October 17, 2011

China dan Vietnam Akan Perkuat Hubungan Militer


Shanghai - China dan Vietnam sepakat untuk memperkokoh kerja sama militer, meningkatkan kontak-kontak antara para perwira tinggi dan menjalin hubungan telepon khusus bagi dua kementerian pertahanan dalam usaha meredakan ketegangan antara kedua negara.
 
Kedua negara, yang memiliki sejarah saling curiga itu, juga sepakat bagi satu rencana patroli bersama di sepanjang perbatasan darat mereka, melanjutkan patroli angkatan laut gabungan di Teluk Beibu dan meningkatkan saling mengunjungi kapal-kapal perang angkatan laut, kata kantor berita resmi China Xinhua, Sabtu (15/10).

Awal pekan ini, China dan Vietnam menandatangani satu perjanjian dalam usaha mengatasi sengketa di Laut China Selatan, wilayah perairan yang kaya gas dan minyak dan jalur pelayaran penting di mana Pilipina, Brunei Darussalam, Malaysia dan Taiwan-- juga mengklaim kedaulatan atas bagian-bagian perairan itu.

Satu pernyataan bersama China dan Vietnam dikeluarkan pada akhir kunjungan pertama ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong ke China pekan ini di mana dia melakukan perundingan dengan Hu Jintao, yang adalah ketua Partai Komunis China dan presiden.

Kedua negara juga menegaskan kemauan politik mereka untuk menyelesaikan masalah-masalah maritim itu melalui perundingan-perundingan dan konsultasi yang bersahabat, kata Xinhua mengutip pernyataan itu.
 
 
 
 
Sumber : Analisa

0 komentar:

Post a Comment