Clock By Blog Tips

Friday, February 4, 2011

Pasukan Antihuru-hara Mesir Siaga di Lapangan Tahrir



Kairo - Situasi di Kairo, Mesir masih mencekam. Pasukan pemerintah lengkap dengan peralatan antihuru-hara berjaga-jaga di sekitar Lapangan Tahrir pada Jumat, 4 Februari pagi waktu setempat. Mereka juga dilengkapi dengan senjata otomatis.

Pasukan keamanan tampak menahan sejumlah orang yang meninggalkan lapangan tersebut. Pasukan mengarahkan senjata ke orang-orang tersebut dan memaksa mereka berbaring di tanah. Demikian seperti diberitakan CNN, Jumat (4/2/2011).

Sekelompok demonstran pro-pemerintah bersorak-sorai ketika kendaraan-kendaraan van besar berisi pasukan keamanan tiba di lapangan tersebut pada pukul 06.00 waktu setempat. Belum jelas apakah mereka personel kepolisian atau militer.

Pasukan Mesir tersebut dikerahkan untuk menghadapi kemungkinan aksi demo besar-besaran yang akan kembali terjadi hari ini. Sebelumnya para aktivis antipemerintah telah menyerukan hari ini sebagai aksi demo yang disebut sebagai "Hari Keberangkatan" bagi Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Rencananya aksi demo tersebut akan dimulai setelah salat Jumat waktu setempat. Massa demonstran berencana berjalan menuju istana kepresidenan. Belum jelas apakah jumlah massa demonstran kali ini akan mencapai jutaan orang seperti yang pernah terjadi beberapa hari lalu.

Menurut Kementerian Kesehatan Mesir, delapan orang tewas dan hampir 850 luka-luka dalam aksi demo dua hari belakangan. Aksi unjuk rasa itu sendiri telah memasuki hari ke-10 dan secara total telah menewaskan lebih dari 150 orang.

Mubarak sejauh ini menolak untuk mundur secepatnya seperti yang diinginkan para demonstran. Mubarak bersikukuh untuk terus memimpin hingga pemilihan umum pada September mendatang.


detik

0 komentar:

Post a Comment