Clock By Blog Tips

Friday, October 22, 2010

CIA Lalai soal Agen Ganda di Afghanistan

CIA Lalai soal Agen Ganda di Afghanistan



Dinas intelijen CIA mengakui telah membuat kesalahan fatal karena gagal mengidentifikasi seorang agen ganda yang kemudian meledakkan dirinya sendiri di markas AS di Afghanistan, Desember 2009. Namun, tidak ada pejabat intelijen yang akan diberi sanksi atas kesalahan yang mengakibatkan tewasnya sembilan orang dan melukai enam lainnya tersebut.
Direktur CIA Leon Panetta mengatakan pengkajian internal memperlihatkan adanya peringatan tentang Humam Khalil al Badawi, agen asal Yordania tersebut. Namun, peringatan tersebut tidak dibagikan kepada petugas keamanan lainnya. Ia juga mengatakan aturan keamanan di markas tersebut sangat kurang dan tidak jelas siapa yang bertanggung jawab terhadap operasi tersebut. Sistem campur aduk telah membuat tak seorang pun mengecek latar belakang dan loyalitas sang agen sebelum ia masuk ke markas.
Al Badawi dibawa ke markas CIA di Afghanistan untuk dinilai apakah ia benar-benar mampu membantu CIA memburu tokoh nomor dua Al Qaeda, Ayman al Zawahiri. Namun, Al Bawadi ternyata justru meledakkan dirinya dan menewaskan lima anggota CIA.

mediaindonesia.com

0 komentar:

Post a Comment