Clock By Blog Tips

Monday, October 4, 2010

Akademi Angkatan Udara (AAU)

ATRIBUT DAN ISTILAH YANG DIGUNAKAN KARBOL
http://karbol.aau.ac.id/ 

:: PATAKA
Adalah simbol suatu kesatuan yang mewakili keberadaan suatu organisasi dimanapun berada. Pataka yang digunakan oleh Karbol adalah Pataka Akademi TNI, karena Karbol adalah bagian dari Akademi TNI, bersama Akmil dan AAL. Pataka seperti gambar di bawah ini digunakan sebagai atribut topi/pet untuk PDU/PDPM.

Pataka Akademi TNI
:: SEVRON
adalah istilah tanda kepangkatan yang dipergunakan oleh para Karbol sebagai sarana menunjukkan identitas hierarki, tingkat dan pangkat yang sedang disandang pada masa pendidikan di AAU. Bila diantara Anda ada yang belum mengetahui arti dari beberapa atribut seragam Karbol, berikut ini akan dijelaskan secara singkat :
Pangkat Tanda Pangkat Lama Pendidikan
Prajurit Karbol Tingkat I disingkat PRAKAR
4 Bulan
Kopral Karbol Tingkat I disingkat KOPKAR
9 Bulan
Sersan Karbol Tingkat II disingkat SERKAR
12 Bulan
Sersan Mayor Dua Karbol Tingkat III disingkat SERMADAKAR
12 Bulan
Sersan Mayor Satu Karbol Tingkat IV disingkat SERMATUKAR
12 Bulan

:: EVOLET
Adalah tanda yang dipergunakan oleh para Karbol sebagai sarana menunjukkan identitas matra udara, ditempatkan pada bagian depan kerah seragam Karbol. Tulisan 'AU' melambangkan Angkatan Udara. Monogram membedakan status keTarunaan, apakah dari  Magelang(Akmil-AD), ataupun Bumimoro(AAL-AL).

:: MONOGRAM
Adalah tanda yang dipergunakan oleh para Karbol sebagai sarana menunjukkan identitas matra udara, ditempatkan pada bagian depan kerah seragam Karbol. Tulisan 'AU' melambangkan Angkatan Udara. Monogram membedakan status keTarunaan, apakah dari Magelang(Akmil-AD), ataupun Bumimoro(AAL-AL).
Monogram AU
:: BREVET
Adalah istilah tanda kecakapan/kemahiran yang dipergunakan oleh para Karbol sebagai sarana menunjukkan tingkat kecakapan yang telah diperoleh. Ada tiga macam brevet utama yang berhak disandang oleh Karbol. Brevet terbang layang dan terjun payung diperoleh ketika tingkat I, sedangkan brevet jungle & sea survival diperoleh ketika tingkat II. Untuk Brevet terjun payung dapat dipergunakan hingga purna bhakti di TNI AU.
Brevet terbang layang Brevet terjun payung Brevet jungle & sea survival

:: TALI KOOR
KOMANDAN WING KORPS KARBOL
KOMANDAN SKADRON KORPS KARBOL

KOMANDAN FLIGHT KORPS KARBOL
KOMANDAN ELEMEN KORPS KARBOL
 
KETUA LEMBAGA PERMUSYAWARATAN KARBOL
 
KEPALA URUSAN (KAUR)
 
KEPALA SEKSI (KASI)
 
POLISI KARBOL

:: WEBINGSET
Webingset

:: KATGA





0 komentar:

Post a Comment