Clock By Blog Tips

Monday, May 7, 2012

Satgas POM TNI Gelar Check Point Kendaraan UNIFIL di Lebanon


Komandan Satgas POM TNI Kontingen Garuda XXV-D/UNIFIL (United Nations Interim Force Lebanon) Letnan Kolonel Cpm Ida Bagus Rahwan Diputra, S.H., bersama anggotanya Tim Charli dengan Dantim Serka Sedyo Wijoyo, menggelar MP CKP (Military Police Check Point) kendaraan UNIFIL di Bravo Area Marjoyoun, Lebanon Selatan, Minggu pagi (6/5/2012) waktu Lebanon.
Seperti diketahui, salah satu tugas operasional sebagai International Military Police adalah melaksanakan MP Check Point terhadap kendaraan personel militer/sipil UNIFIL di Lebanon khususnya wilayah Sektor Timur.

Dalam kegiatan MP CKP ini, Satgas POM TNI menggunakan alat Speed Detector atau alat pengukur kecepatan kendaraan sesuai dengan standart PBB. Speed Detector ini akan mencatat kecepatan kendaraan yang sedang melaju dan dipantulkan kembali ke alat kamera tersebut dengan akurat, sebagai bukti apabila pengendara tidak mengakui kecepatan kendaraan melebihi batas atau tidak, guna bukti perlu atau tidaknya dilaksanakan tilang /UTIR (Unifil Traffic Insident Report).

Disamping itu, MP Check Point ini bukan masalah kecepatan saja namun juga kelengkapan kendaraan, perlengkapan kendaraan yang harus dikenakan (seat bell), kelengkapan surat kendaraan, kelengkapan jati diri personel tersebut (KTA, SIM, surat keluar kesatrian) bahkan etika dalam berkendaraanpun tidak lepas dari pantauan anggota Satgas POM TNI yang melaksanakan MP Check Point.

Operasi yang dilaksanakan dalam waktu 1 (satu) jam ini, telah terjaring 8 kendaraan dengan 16 penumpang dan ditemukan 1 kendaraan yang di UTIR atau ditilang, guna proses lebih lanjut untuk diteruskan ke Force Commander UNIFIL.

Sementara itu, menurut Komandan Satgas POM TNI Letnan Kolonel Ida Bagus Rahwan Diputra, S.H., disela-sela memantau anak buahnya yang sedang melaksanakan tugas, lakukan pemeriksaan secara sopan dan etika yang mengesankan dengan memperlakukan praduga tak bersalah serta lakukan komunikasi dengan baik sehingga dapat memberikan citra yang positif bagi Military Police khususnya dan Kontingen Indonesia pada umumnya.

Disamping itu, dengan adanya pemantauan dan pemeriksaan kendaraan ini diharapkan dapat lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraan di Wilayah Sektor Timur UNIFIL, dengan demikian mampu mencegah angka kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan disiplin personel United Nations sesuai dengan yang diharapkan Force Commander UNIFIL.
           
Authentikasi :
Bapen Satgas POM TNI Konga XXV-D/UNIFIL, Sersan Mayor Parjo



0 komentar:

Post a Comment