Clock By Blog Tips

Monday, April 23, 2012

Latihan Militer Cina dan Rusia Dikhawatirkan Picu Konfrontasi Baru


Di tengah ketegangan politik antara pemerintah Cina dengan sejumlah negara Asia tetangganya, Angkatan Laut Cina, Minggu (22/4/12) menggelar latihan perang bersama Angkatan Laut Rusia selama enam hari ke depan di Laut Kuning. 

Menurut kantor berita Xinhua, latihan militer tersebut merupakan yang kali pertama dilakukan keduanya. Latihan gabungan ini dilaporkan melibatkan 4.000 tentara AL Cina, 16 kapal penghancur dan empat kapal pengangkut rudal kapal pendukung dan sebuah kapal pengobatan. Di samping itu, latihan ini juga melibatkan 13 pesawat dan lima helikopter

Otoritas pemerintah Cina mengatakan bahwa latihan perang tersebut ditujukan untuk menciptakan stabilitas kawasan. Dalam hal ini, latihan gabungan tersebut akan berfokus pada prosedur pertahanan laut, pencarian dan penyelamatan dari serangan bajak laut. 

Namun, banyak pihak meragukan pernyataan Cina itu. Pasalnya, latihan tersebut dilakukan hanya seminggu usai Cina mengalami masalah klaim terirorial dengan Filipina. Selain itu, latihan itu juga dilakukan hampir bersamaan dengan gelaran latihan militer bersama antara Amerika Serikat dan Filipina yang sampai saat ini masih berlangsung. 

Oleh karena itu, sejumlah pihak khawatir, aksi Cina dan Rusia tersebut akan menimbulkan konfrontasi baru dengan Filipina dan juga Amerika Serikat. Namun, hal ini dibantah keras pemerintah Cina. 

"Latihan militer gabungan antara China dan Rusia telah dijadwalkan cukup lama untuk menjaga perdamaian dan kestabilan di kawasan," kata juru becara kementerian luar negeri China, Liu Weimin, Minggu (22/4).
 
 
Sumber : Pikiran Rakyat
 

0 komentar:

Post a Comment