Clock By Blog Tips

Thursday, April 26, 2012

As dan Filipina latihan perang dekat perairan sengketa


Ulugan Bay, Filipina  - Tentara Amerika Serikat dan Filipina menyerang satu pulau Laut China Selatan Rabu dalam satu latihan perang tidak jauh dari daerah maritim yang disengketakan antara Manila dan Beijing.

Serangan itu dilakukan di tepi laut pulau Palawan yang menghadap Laut China Selatan, di mana dua kapal patroli China selama dua minggu mencegah pihak Filipina menahan para nelayan China yang dituduh menangkap ikan di perairan yang disengketakan itu.

Letkol Rommel Abrau, perwira operasi satuan tugas ampibi Marinir Filipina, mengatakan latihan yang melibatkan sekitar 100 tentara itu berlangsung sukses.

"Kami mensimulasi satu serangan ke satu pulau yang dikuasai satu kelompok teroris bersenjata, mengambil alih pangkalan itu, membebaskan para sandera dan melumpuhkan musuh," katanya kepada AFP.

Ia menegaskan pelatihan itu bukan satu ancaman tersirat terhadap China, yang memprotes tindakan-tindakan AS untuk meningkatkan kehadiran militernya di wilayah itu.

China terlibat sengketa maritim dengan Filipina menyangkut Beting Scarborough di utara Palawan di bagian lain Laut China Selatan.

China mengklaim seluruh laut itu sebagai bagian bersejarah wilayahnya, walaupun laut itu berada dekat pantai-pantai Filipina dan negara-negara Asia tenggara lainnya.

Saling klaim atas perairan vital yang strategis itu telah lama menjadi salah satu daerah paling rawan Asia bagi konflik militer.

"Pasti, tidak ada warna politik di sini. Ini telah lama direncanakan dan tidak ditujukan pada siapapun atau negara manapun. Ini semata-mata sati pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan bersama kami," kata Abrau.

Filipina dan AS terikat oleh satu perjanjian tahun 1951 yang menyerukan kedua pihak saling membantu pada saat ada agresi dari luar atau perang.

Dan pada Ahad, komandan pasukan Marinir AS di Pasifik Letkol Duane Thiessen mengatakan pemerintahnya menerapkan perjanjian itu dengan sangat serius.

Filipina dalam dua tahun belakangan ini mengeluhkan bahwa China meningkatkan keagresifannya dalam memperkuat klaimnya atas perairan itu, dengan ketegangan meningkat menyangkut Beting Scarborough yang disengketakan.

Beting itu terletak sekitar 230km dari pulau utama Filipina Luzon, sementara di daratan China paling terdekat adalah provinsi Hainan 1.200km ke barat laut, menurut peta maritim Filipina.
(H-RN/B002) 


Sumber : Antara

0 komentar:

Post a Comment