Clock By Blog Tips

Wednesday, February 15, 2012

Militer Suriah kian Beringas


Kegagalan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menerapkan resolusi terhadap Suriah dipandang telah mendorong militer untuk meningkatkan intensitas serangan ke basis oposisi di Kota Homs.

"Kegagalan Dewan Keamanan untuk menyetujui tindakan tegas kolektif, tampaknya telah membuat pemerintah Suriah berani untuk melancarkan serangan habis-habisan untuk menghancurkan perbedaan pendapat dengan kekuatan luar biasa," cetus Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB Navi Pillay, di depan Majelis Umum PBB, kemarin.

Seraya merujuk keputusan Rusia dan China dalam memveto draf resolusi PBB yang mendesak pengunduran diri Presiden Suriah Bashar al-Assad, Pillay mengaku terkejut dengan skala kekerasan di Homs. Menurutnya, situasi kemanusiaan di kota tersebut sangat menyedihkan. Aktivis oposisi mengatakan lebih dari 400 orang tewas sejak pasukan keamanan mengepung Kota Homs, bulan ini.

Dia mengungkapkan, Dewan HAM PBB berusaha melacak jumlah korban di Suriah. Angka itu diyakini melampaui 5.400 jiwa dan terus meningkat setiap harinya. "Lebih dari 300 orang dilaporkan telah tewas di Kota Homs sejak awal serangan ini 10 hari lalu," ujarnya. "Sebagian dari mereka adalah korban penembakan."



0 komentar:

Post a Comment