Clock By Blog Tips

Monday, May 30, 2011

Aksi Spionase Picu Ketegangan Rusia-Israel

Atase militer Israel di Rusia, Kolonel Vadim Leiderman

Harian Rusia, Nezavisimaya Gazeta dalam edisi Jumat (27/5) menyinggung penangkapan dan pengusiran atase militer rezim Zionis Israel di Rusia atas tuduhan mata-mata. Ditambahkannya, kontroversi spionase telah mendinginkan hubungan Rusia dan Israel.


Sebagaimana dilaporkan IRNA dari Moskow, koran Nezavisimaya Gazeta dalam laporannya juga memberitakan pembatalan kunjungan Menteri Keadaan Darurat Rusia Sergei Shoigu ke Palestina pendudukan, yang sedianya dilakukan pekan depan."Rencananya, Shoigu akan mengunjungi kantor pusat logistik dan perwakilan perusahaan pertahanan Israel terbesar serta menandatangani kesepakatan kerjasama antara Moskow-Tel Aviv di bidang pertahanan sipil dan pelayanan logistik," tambahnya.

Atase militer Israel di Rusia, Kolonel Vadim Leiderman ditangkap selama pertemuan 12 Mei dengan pejabat militer negara itu. Dia kemudian diinterogasi dan diperintahkan untuk segera meninggalkan Rusia.Lembaga Keamanan Federal Rusia seraya menyinggung pertemuan Leiderman dengan seorang perwira militer Rusia di Moskow, menyatakan bahwa atase militer Israel berupaya mengumpulkan informasi tentang kerjasama teknis dan militer Rusia dengan beberapa negara Arab.

Mengacu pada laporan lembaga tersebut, koran Nezavisimaya Gazeta menulis, perekrutan sejumlah warga Rusia sebagai pemasok informasi rahasia telah membentuk jaringan aktivitas ilegal atase militer Israel di Negeri Beruang Putih itu. Seraya mengutip keterangan sumber diplomatik, harian itu menambahkan, Leiderman telah berhasil menyusupi beberapa lembaga di Rusia dan membangun hubungan dengan para pejabatnya.Orang-orang tersebut mampu memberikan informasi kepada Lederman tentang program pemerintah Moskow di kementerian pertahanan, transportasi, angkatan bersenjata, dan perusahaan-perusahaan senjata Rusia. 

Irib-Radio Iran

0 komentar:

Post a Comment