Clock By Blog Tips

Friday, January 20, 2012

Militer gagalkan upaya kudeta di Bangladesh

Jubir militer Masud Razzaq mengatakan kudeta direncanakan sejumlah tentara.

Militer Bangladesh mengatakan mereka berhasil menggagalkan upaya kudeta terhadap pemerintah pimpinan Perdana Menteri Sheikh Hasina.

Juru bicara militer Masud Razzaq mengatakan dalam satu pernyataan bahwa upaya itu dilakukan oleh sejumlah tentara.
Ia mengatakan tentara yang merencanakan kudeta masih aktif di militer dan memiliki "pandangan agama yang sangat ekstrem."

Bangladesh pernah memiliki pemerintahan militer yang berkuasa selama 15 tahun sampai 1990. Sheikh Hasina berkuasa dengan mengambil alih wewenang dari pemerinthan sementara pada awal tahun 2009.

Para pejabat mengatakan Hasina sering menghadapi ancaman dari kelompok radikal. "Sejumlah perwira militer fanatik berupaya menggulingkan pemerintah. Upaya mereka telah digagalkan," kata Brigadir Jendral Razzaq.

Konspirasi Perwira Garis Keras
Ia mengatakan "informasi rinci telah mereka dapat" dan bahwa sejumlah perwira yang terlibat dalam konspirasi ini telah diidentifikasi.

Ia mengatakan 16 perwira yang memiliki pandangan garis keras Islam, termasuk dua yang telah pensiun, terlibat.

Sejumlah di antaranya telah ditahan, kata Razzaq, dan akan diajukan ke mahkamah militer. Razzaq mengatakan konspirasi para perwira ini dipicu oleh warga Bangladesh yang tinggal di luar negeri. Pada tahun 2009, pasukan paramiltier Bangladesh melakukan pemberontakan setelah Sheikh Hasina berkuasa.

Pemberontakan dimulai di Dhaka dan menyebar ke berbagai kota lain. Lebih dari 70 orang tewas, termasuk 51 tentara, dalam pemberontakan yang akhirnya berhasil ditumpas militer Bangladesh.


Sumber : BBC

0 komentar:

Post a Comment