Clock By Blog Tips

Monday, January 16, 2012

Latihan Militer AS & Israel Ditunda


Yerusalem - Pejabat militer Israel melaporkan, latihan militer besar-besaran yang akan digelar oleh Amerika Serikat (AS) dan Israel akan ditunda.

"Saya laporkan, latihan militer tersebut akan ditunda, kemungkinan besar akan dimulai pada akhir 2012," ujar pejabat militer Israel, seperti dikutip Reuters, Senin (16/1/2012).

Latihan militer Austere Challenge 12 dikabarkan akan menjadi latihan militer terbesar yang diselenggarakan oleh Paman Sam dan negeri Yahudi itu. Menurut media Israel, latihan itu terpaksa ditunda karena adanya kekurangan dana, namun beberapa pihak lainnya mengatakan, alasan dari penundaan latihan itu sebenarnya untuk menghindari eskalasi ketegangan antara AS dan Iran.

Sebelumnya, Israel sempat mengatakan, latihan itu akan diselenggarakan dalam jangka waktu dekat itu dan kan menjadi salah satu latihan untuk menguji pertahanan misil. Beberapa orang pengamat menilai, latihan itu memang ditujukan untuk mewaspadai serangan misil dari Iran.

"Mempertahankan diri dari serangan bukan merupakan suatu hal yang dapat Anda tingkatkan saat ini dan besok, itu merupakan suatu hal yang perlu dilatih, dan dipersiapkan dalam jangka waktu lama. Latihan ini juga akan memperingatkan Iran, bahwa saat ini, Israel dan AS siap untuk melancarkan serangan balasan," ujar seorang pakar militer Universitas Yerusalem Martin Van Creveld.

Hingga saat ini, hubungan Iran dan Paman Sam serta Israel kian menegang. Presiden AS Barack Obama juga sudah menandatangani pemberlakuan sanksi baru untuk Bank Sentral Iran yang merupakan tulang punggung perekonomian Negeri Persia itu.



Sumber : Okezone

0 komentar:

Post a Comment