Clock By Blog Tips

Monday, January 9, 2012

Cina Peringatkan Strategi Baru Militer AS



Media-media pemerintah Cina mengkritik pergeseran strategi militer Amerika Serikat ke kawasan Asia-Pasifik. Mereka menilai Washington bertanggung jawab atas ketegangan di wilayah tersebut.

"Pada saat AS memperluas kehadiran militernya di Asia-Pasifik, mereka juga menghindari untuk bersikap fleksibel dan hal ini tidak akan membantu memecahkan perselisihan di kawasan," kata sebuah editorial kantor berita Xinhua.

Xinhua memperingatkan bahwa segala bentuk militerisme AS di kawasan Asia-Pasifik tidak akan membantu menciptakan stabilitas regional, tapi justru membahayakan perdamaian.

Peringatan itu muncul setelah Presiden Barack Obama mengumumkan strategi pertahanan untuk memperluas kehadiran militer negara itu di Asia-Pasifik dan beralih fokus Pentagon ke Timur Jauh.

Obama menyatakan bahwa militer AS dalam sebuah momen transisi setelah satu dekade perang di Irak dan Afghanistan dan pemerintah akan mempertahankan keunggulan militer.

Cina khawatir strategi pertahanan baru Washington bertujuan untuk mengepung Beijing. Akan tetapi, ada peningkatan kekhawatiran di AS tentang pertumbuhan kekuatan militer Cina selama beberapa tahun terakhir. (IRIB Indonesia/RM)



Sumber :Irib-Radio Iran
 
Baca lainnya 

0 komentar:

Post a Comment