Clock By Blog Tips

Monday, January 30, 2012

AS: Iran Bisa Bikin Bom Atom Dalam Setahun


Washington - Pemerintah Amerika Serikat terus menuding Iran bermaksud mengembangkan senjata nuklir. Bahkan menurut Menteri Pertahanan (Menhan) AS Leon Panetta, Iran bisa mengembangkan bom nuklir dalam waktu satu tahun.

Ditegaskan Panetta, pemerintah AS tidak ingin Iran mengembangkan senjata nuklir. "Amerika Serikat -- presiden telah menjelaskan ini -- tidak menginginkan Iran mengembangkan senjata nuklir," kata Panetta dalam program "60 Minutes" di stasiun televisi CBS.

"Itu garis merah bagi kami. Dan itu jelas garis merah bagi Israel sehingga kami memiliki tujuan yang sama di sini," imbuh Panetta seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (30/1/2012).

Ditegaskan Panetta, jika Washington mendapat laporan intelijen bahwa Iran terus berupaya mengembangkan senjata nuklir, maka AS akan mengambil langkah-langkah apapun yang diperlukan untuk menghentikannya.

Ketika ditanya apakah langkah itu juga mencakup aksi militer, Panetta berujar: "Tak ada opsi yang dikesampingkan."

"Konsensusnya adalah jika mereka (Iran) memutuskan untuk melakukan itu, kemungkinan butuh waktu setahun bagi mereka untuk bisa memproduksi sebuah bom dan kemudian kemungkinan satu atau dua tahun lagi untuk menempatkan bom itu pada wahana yang akan membawanya," kata Panetta.

Pada November 2011 lalu, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengeluarkan laporan terbaru mengenai program nuklir Iran. Disebutkan bahwa informasi intelijen yang dikumpulkan dari sekitar 10 negara dan sumber-sumber badan pengawas nuklir PBB itu menunjukkan, Iran telah melakukan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan perangkat nuklir.

Pemerintah Iran bersikeras bahwa program nuklirnya semata-mata untuk tujuan damai, yakni sebagai pembangkit energi bagi kepentingan rakyat sipil.


Sumber : Detik

0 komentar:

Post a Comment