Clock By Blog Tips

Tuesday, November 29, 2011

Cina-Myanmar Perkuat Kerja Sama Militer


Beijing -  Menjelang kedatangan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton, pemerintah Cina dan pimpinan militer Myanmar kemarin bersepakat memperkuat kerja sama militer.

Wakil Presiden Cina Xi Jinping mengatakan persahabatan kedua negara telah tahan uji oleh waktu melalui berbagai perubahan internasional yang terjadi secara tak terduga. “Cina akan bekerja dengan Myanmar untuk lebih meningkatkan kemitraan strategis dan kerja sama yang komprehensif,” ujar Xi.

Xi menyampaikan hal itu menanggapi kunjungan Komandan Pasukan Tentara Myanmar, Min Aung Hlaing, ke Beijing, Cina, kemarin. Adapun Clinton akan tiba di Myanmar pada 30 November (besok) untuk kunjungan selama tiga hari. Sebelumnya, ia dijadwalkan tiba pada 1 Desember mendatang.

Myanmar dan Cina memiliki hubungan pasang-surut sehubungan sejumlah persoalan. Terakhir hubungan kedua negara terganggu dengan keputusan Presiden Myanmar Thein Sein menghentikan pembangunan irigasi raksasa di Sungai Mekong. Proyek pembangkit listrik ini dibangun oleh pengusaha Cina.

Kunjungan Clinton merupakan kunjungan bersejarah dan pertama kalinya setelah 50 tahun. Kunjungan itu dilakukan di tengah besarnya pengaruh global Cina di dunia. Namun pengaruh Amerika diperkirakan akan terbatas di Myanmar. Sebab, Kongres Amerika melarang hampir semua perdagangan yang dilakukan oleh pemerintah Obama dengan negara tertentu dan melarang setiap pengambilan keputusan yang belum mendapat persetujuan Kongres.



Sumber : Tempo

0 komentar:

Post a Comment