Clock By Blog Tips

Wednesday, October 19, 2011

NATO Belum Siap Akhiri Misinya di Libya


Brussels - Juru bicara NATO mengatakan, Selasa (18/10), bahwa NATO belum siap untuk mengumumkan akhir misinya di Libya, meskipun pasukan pemberontak telah membuat kemajuan di kota Bani Walid dan Sirte, di mana pertempuran berlanjut di "area yang sangat terbatas," AlYoum melaporkan.

Juru bicara Carmen Romero mengatakan kepada wartawan di Brussels, "waktunya sudah mendekati akhir, tapi saya tidak bisa memastikan, bisa saja besok NATO mengambil keputusan untuk mengakhiri operasi" pada kesempatan pertemuan mingguan Duta Besar negara-negara anggota NATO. "Ini terlalu dini untuk menentukan akhir misi, karena masih ada ancaman terhadap penduduk sipil."

Kolonel Roland Lavoie, juru bicara Operasi Unified Protector di Naples, mengatakan bahwa ancaman telah meningkat dalam beberapa hari terakhir.

"Meskipun pertempuran terisolasi di Sirte dan Bani Walid, mayoritas penduduk masih terancam oleh pejuang loyalis Qadzafi yang saat ini berjuang di medan pertempuran," tambah Lavoie.

Sementara itu, pesawat NATO terus melanjutkan penerbangan di atas Libya untuk mengintai dan memantau situasi dan serangan udara telah menurun secara dramatis dalam beberapa pekan terakhir dengan pertempuran terbatas antara pasukan pemberontak dan pasukan loyalis Qadzafi di pusat kota Sirte dan Bani Walid, yang membuat pemantauan udara sangat akurat.

Di Sirte, baku tembak dengan menggunakan senjata berat, artileri berat dan roket terus berlangsung pada Selasa, sementara masih di bawah kendali pasukan loyalis Qadzafi, menurut koresponden AFP.

Kolonel Lavoie mengatakan "pertempuran ini terbatas pada beberapa bangunan di daerah yang sangat terbatas," dan NATO tidak memiliki bukti bahwa pemberontak menargetkan warga sipil.

Pihak berwenang Libya yang baru mengumumkan, Senin (17/10) pembukaan kembali sebagian dari wilayah udara setelah mengadakan kesepakatan dengan NATO sejak PBB memberlakukan zona larangan terbang pada bulan Februari lalu. 




Sumber : PesatNews

0 komentar:

Post a Comment