Clock By Blog Tips

Thursday, September 15, 2011

Rumania, AS Menandatangani Kesepakatan Sistem Rudal

Teodor Baconschi, menlu Romanisa dan Hillary Clinton, Menlu AS

Rumania telah menandatangani sebuah dokumen dengan AS yang memungkinkan AS untuk menempatkan elemen-elemen dari sistem anti-rudal di bagian selatan negara Eropa, di pangkalan udara Deveselu.

Menlu Rumania Teodor Baconschi menandatangani perjanjian dengan AS Hillary Clinton untuk pembangunan sistem rudal balistik di negara Eropa Timur di bawah program Amerika, mengatakan akan memberikan perlindungan bagi wilayah Eropa NATO dan akan "menambah" pertahanan AS, dpa melaporkan pada hari Selasa.

Kesepakatan itu akan menempatkan 200 tentara di samping sistem rudal darat balistik SM-3 di Rumania pada tahun 2015.

Departemen Luar Negeri AS menggambarkan kesepakatan itu sebagai "memperdalam hubungan strategis bilateral antara negara-negara" dan mengatakan kerjasama yang lebih besar di daerah ini akan menambah "keamanan kolektif dan pertahanan NATO."

Departemen juga mengatakan bahwa Sistem Pertahanan Rudal Balistik (BMD) Aegis, akan digunakan di Rumania pada tahun 2015, telah ditemukan berhasil dalam 22 dari 27 tes penerbangan sejak tahun 2007.

Presiden Romania Traian Basescu dan Presiden AS Barack Obama juga bertemu di Gedung Putih pada Selasa untuk membahas hubungan bilateral lebih lanjut.

Rusia telah sangat keberatan dengan perjanjian AS-Rumania, mengatakan bahwa sistem pencegat rudal AS yang akan dibangun di Rumania sebenarnya ditujukan pada Rusia. 
 
 
 
 
Sumber : islamtimes.org

0 komentar:

Post a Comment