Clock By Blog Tips

Wednesday, April 27, 2011

Tentara Suriah Serang Demonstran

Ribuan tentara didukung oleh tank dan penembak jitu melakukan serangan fajar ke kota Daraa. Di tempat itu para demonstran pemberontak anti-pemerintah Suriah berkumpul. Dilaporkan setidaknya 11 orang tewas dan 14 lainnya berbaring di jalan-jalan terluka parah.

"Mereka menembak membabi buta, ke arah penduduk sipil juga dan membuat masyarakat," ujar salah seorang saksi pada AP Selasa (26/4).

Selain kota Daraa Selatan, militer juga menyerang dua daerah lain. Kota-kota itu direkomendasikan pemerintah Suriah dalam rangka mengontrol protes terhadap Presiden Bashar Assad, yang telah memerintah Suriah selama empat dekade. Penduduk dan aktivis hak asasi manusia mengatakan rezim ingin menakut-nakuti dan mengintimidasi lawan mereka dari pementasan setiap demonstrasi lagi.

Militer juga melakukan serangan ofensif yang cermat dan direncanakan. Listrik, air dan layanan telepon seluler dipotong. Keamanan agen bersenjata dengan senjata dan pisau dilakukan menyapu rumah ke rumah. Lingkungan di barikade tak bisa berhubungan dan pos-pos pemeriksaan didirikan sebelum matahari terbit.

Serangan besar-besaran di Kota Daraa tampaknya menjadi bagian dari strategi baru melumpuhkan para demonstran. Pengamat mengatakan serangan pre-emptive terhadap oposisi lebih baik ketimbang bereaksi terhadap demonstrasi. Gejolak di Suriah ini membawa lebih banyak kecaman internasional dan juga mendapat ancaman sanksi yang ditargetkan oleh Washington.





Jurnas

0 komentar:

Post a Comment