Clock By Blog Tips

Wednesday, April 27, 2011

Life Guards, Pengawal Berkuda Ratu

Life Guards, Pengawal Berkuda Ratu

London - Agaknya perbincangan mengenai rute Pangeran William dan Miss Catherine alias Kata Middleton dari Gereja Westminster Abbey menuju Istana Buckingham tak bisa mengabaikan Horse Guard Arch yang menghadap Whitehall. Sebelum Anda sampai ke Trafalgar Square sesudah melalui Downing Street maka akan tiba Horse Guards.

Di sinilah bermarkas Queen’s Household Cavalry atau pasukan berkuda pengawal Ratu Inggris. Selain menghadap ke Whitehall markas pasukan berkuda ini juga di sebelah timur St James’s Park, taman di depan persis Istana Buckingham. 


Horse Guards Arch merupakan pintu utama menuju James’s Palace dan Buckingham Palace. Di depannya senantiasa ada pengawal berkuda dengan baju dan topi khas serta membawa pedang. Mereka menjadi sasaran para wisatawan yang ingin mengabadikan dirinya dengan sang pengawal ratu ini. 

Dan yang menarik di sini adalah Guard Changing Ceremony yang berlangsung setiap hari pada pukul 11.00 waktu London dan 10.00 pada hari Minggu. Upacara penyerahan tugas pengawalan ini menarik dan berlangsung selama 30 menit. Sudah dapat dipastikan para wisatawan pasti bergerombol di sini. 



Pasukan pengawal kerajaan berbaju merah ini disebut Life Guards. Mereka adalah bagian dari Household Cavalry. 

Sedikit kita tengok asal-usul mereka ini.Life Guards ini brasal dari empat prajurit Horse Guards yang dibentuk Charles II disertai dua prajurit Horse Grenadier Guards.

Kesatuan pertama dibentuk di Bruges tahun 1658 sebagai Pasukan Berkuda Raja. Mereka bagian dari pasukan yang dibentuk oleh Raja Charles II untuk memberikan kontribusi bagi pasukan Raja Philip IV dari Spanyol yang berperang melawan Perancis dan sekutunya dari Persemakmuran Inggris yang dipimpin Oliver Cromwel dalam Perang Perancis-Spanyol. 

13037640511240847487
Anggota Life Guards ini memiliki kebanggaan tersendiri dalam kesatuan militer di Inggris (Foto:Asep)


Pasukan kedua berasal dari tahun 1959 yang berperan sebagai Monck’s Life Guards. Gelombang ketiga seperti pasukan pertama dibentuk tahun 1658 dari pasukan kerajaan di pengasingan dan semula diketahui sebagai Pasukan Berkuda Duke of York. 

Pasukan keempat dibentuk tahun 1661 di England. Setelah melalui perjalanan panjang, tahun 1992 Life Guards digabung dengan Blues and Royals untuk membentuk Household Cavalry Regiment dan Household Cavalry Mounted Regiment yang dipersenjatai untuk pengintaian dan Household Cavalry Mounted Regiment untuk tugas-tugas seremonial. Meski sudah digabung mereka mempertahankan identitas seragam dan tradisinya bahkan kolonel yang memimpinnya. 

Dalam proses pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton atau Miss Catherine kehadiran mereka akan tetap terlihat. Mereka mengenakan seragam merah dan bertopi warna perak mengkilat dengan jambul di atasnya. 

13037647011035006015
Pasukan berkuda pengawal Ratu ini memiliki markas dengan halaman luas menghadap St James Park. Ini menandatangan mereka penting dalam kesatuan militer Inggris. (Foto:Asep)

Tradisi pasukan Life Guards ini memang panjang dan berliku. Dengan sejarah panjang itu anggotanya mau berdiri berlama-lama di Horse Guards Arch di tengah panas, dingin, angin dan salju. Mungkin ini juga menjadi salah satu daya tarik nilai historis yang masih hidup dan bertugas di London.
 
 
 
 
 
Kompas
 

0 komentar:

Post a Comment