Clock By Blog Tips

Friday, April 29, 2011

Pasukan Khadafi Dipukul Mundur


Misrata – Pemberontak atau oposisi Libia berjuang untuk menguasai bandara Misrata, hari Kamis (28/4), setelah mereka berhasil memukul mundur pasukan Moamar Khadafi dari kota itu. Sementara itu, panel penyelidik Badan HAM PBB yang sudah tiba di Libia mengatakan mereka yakin kemenangan adalah “sangat dekat” bagi mereka di kota pelabuhan strategis. “Pejuang kemerdekaan kami berhasil mengalahkan tentara Khadafi dengan memaksa mereka keluar dari Misrata,” kata Ketua Komite Transisi Lokal Khalid Azwawi pada konferensi pers, Rabu malam.

Para pemberontak yang didukung oleh serangan udara NATO mengatakan pasukan Khadafi berhasil dipukul mundur dan kini mereka berada jauh di luar jangkauan rudal mereka sendiri. Kota itu sebelumnya sudah dikepung selama lebih dari tujuh minggu. Pertempuran berlanjut sekitar bandara Misrata di Kamis pagi, menurut para pemberontak. Pasukan Khadafi kini terkonsentrasi di sekitar bandara beberapa kilometer barat kota itu. Kepala pemberontak Bet- Almal Ibrahim mengatakan bahwa itu adalah hasil kerja sama mereka dengan NATO.

“Kami berusaha membersihkan daerah ini di pinggiran kota yang diguncang oleh ledakan terus-menerus pada Rabu malam oleh gempuran misil dan roket yang jatuh secara acak,” tambahnya. Kawan-kawan pemberontak yang membela Zintan di barat daya pegunungan Tripoli juga berhasil mendorong keluar pasukan Khadafi yang sebelumnya membombardir kota dengan minimal 20 roket.

Serangan sebelum mundur itu melukai tiga orang dan merusak sebuah rumah sakit. Sementara itu, perwakilan 61 suku di berbagai penjuru Libia hari Rabu mendesak Khadafi mundur, demikian pernyataan bersama yang disiarkan oleh penulis Prancis, Bernard- Henri Levy. 





Koran Jakarta

0 komentar:

Post a Comment