Clock By Blog Tips

Monday, February 7, 2011

TNI dan Filipina Tingkatkan Kerjasama Penanggulangan Bencana


Tentara Nasional Indonesia dan Angkatan Bersenjata Filipina akan melaksanakan latihan bersama penanggulangan bencana alam yang akan di gelar pada bulan Maret 2011 di Manado. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. saat menerima kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Filipina Jenderal Ricardo A. David Jr. AFP di Mabes TNI - Cilangkap, Senin (7/2). Latihan bersama tersebut juga akan melibatkan negara-negara ASEAN, untuk melatih kesiapsiagaan para prajuritnya dalam menanggulangi akibat bencana alam. 
       
Dalam kunjungannya ke Mabes TNI, Pangab Filipina didampingi oleh Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal Rustico O.Guerrero, Kepala Divisi Urusan Internasional Kolonel Micheller S. Logronio dan Athan Filipina di Jakarta Captain (N) Rafael G. Mariano disambut dengan jajar kehormatan. Selain membahas latihan bersama, kedua petinggi militer tersebut juga membicarakan hubungan angkatan bersenjata kedua negara yang selama ini sudah berjalan dengan baik. Indonesia dan Filipina sama-sama merupakan negara yang terletak dalam Ring of Fire, sehingga upaya untuk melakukan latihan penanggulangan bencana alam dengan sesama anggota Asean perlu terus ditingkatkan.         

Selain membahas latihan bersama dalam penanggulangan bencana, Jenderal Ricardo juga mengharapkan  kerja sama dalam penanggulangan teroris dapat ditingkatkan. Di akhir kunjungannya, Pangab Filipina menyampaikan pamit kepada Panglima TNI karena akan segera memasuki masa pensiun dan berpesan agar hubungan Indonesia Filipina dapat terus ditingkatkan meskipun ia sudah tidak menjabat sebagai Panglima.         

Turut mendampingi Panglima TNI dalam acara tersebut, Kasad Jenderal TNI George Toisutta, Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat, Kasum TNI Marsdya TNI Edy Harjoko, Wakasal Laksdya TNI Marsetyo, Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara, Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E., Staf Khusus Panglima TNI Marsma TNI Prayitno dan Athan RI untuk Manila Kolonel Laut (S) Zakaria.


Puspen TNI 

0 komentar:

Post a Comment