Clock By Blog Tips

Tuesday, January 11, 2011

Upaya AS Redakan Ketegangan

Menhan AS Robert Gates dan Menhan China Liang Guanglie

MENTERI-menteri pertahanan Amerika Serikat dan China sepakat memperbaiki hubungan kedua negara kuat tersebut. China sendiri tetap memperingatkan bahwa hubungan bisa memburuk kembali jika permintaan Beijing tidak dituruti Washington.

Menhan AS Robert Gates dan Menhan China Liang Guanglie setuju membentuk kelompok kerja untuk mempersiapkan dialog yang lebih rutin dan formal untuk membahas isu-isu strategis.

Kunjungan Gates ke China itu menandai berakhirnya ketegangan kedua negara. China sempat memutus hubungan pertahanan dengan AS karena AS menjual senjata ke Taiwan. China juga memprotes manuver angkatan laut AS di Laut Kuning. Gates kini mengundang panglima militer China untuk berkunjung ke Washington. Lawatan empat hari Gates itu berlangsung sepekan sebelum kepergian Presiden China Hu Jintao ke AS.

"Beijing bisa memutus hubungan militer dengan AS lagi jika AS masih menjual senjata ke Taiwan karena hal itu merusak kepentingan China," tegas Liang. Dia dan Gates membantah soal isu perlombaan senjata antara China dan AS


MI
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment