Clock By Blog Tips

Tuesday, January 11, 2011

Korea Selatan-Jepang Bicarakan Pakta Militer


KOREA Selatan dan Jepang berencana melakukan perundingan militer untuk berbagi data intelijen dan menyediakan layanan medis dan bahan bakar bagi militer masing-masing. Ini bisa menjadi kesepakatan militer pertama untuk Korsel dan Jepang sejak Jepang mengakhiri penjajahan di Korsel pada 1945.

Seoul dan Tokyo memiliki hubungan perdagangan dan diplomatik, namun mungkin kesepakatan militer menjadi isu sensitif di Korsel. Banyak warga Korsel masih marah atas penjajahan Jepang yang berlangsung 35 tahun.

Saat ini Tokyo dan Seoul sama-sama disibukkan oleh masalah agresi Korea Utara, termasuk oleh kasus penembakan artileri Korut ke pulau milik Korsel pada 23 November.

Kesepakatan militer itu nantinya bertujuan memperkuat kerja sama pertahanan dan berbagi data intelijen penting, terutama soal Korut, dan saling membantu dalam misi pasukan penjaga perdamaian di luar negeri. Sebuah sumber menyatakan belum ada tanggal pasti tentang penandatanganan kerja sama itu.

Sebelum perundingan dimulai, selusin aktivis berunjuk rasa di dekat Kedubes Jepang di Seoul. Mereka meneriakkan slogan menentang kerja sama Korsel-Jepang.


MI
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment