Clock By Blog Tips

Thursday, January 27, 2011

Korsel Mulai Dialog dengan Korut


Pemerintah Korea Selatan mengusulkan penggelaran pertemuan dengan pemerintah Korea Utara dalam dua pekan mendatang. Pertemuan itu akan diikuti pembicaraan tingkat tinggi dalam hal pertahanan.

Usul itu mengemuka saat diplomat senior Amerika Serikat berkunjung ke Seoul untuk menunjukkan dukungan terhadap langkah-langkah yang diambil Korsel. Kedua sekutu itu juga membicarakan cara-cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan perdamaian dengan Korut setelah berminggu-minggu ancaman perang mengintai kawasan semenanjung Korea.

Seoul yang merespons serangan Pyongyang pada 23 November 2010 dengan menggelar pelatihan militer sepakat untuk melakukan pembicaraan guna menurunkan ketegangan di antara kedua Korea.

Menteri Pertahanan Korsel telah mengirimkan pesan kepada Menteri Pertahanan Korut terkait dengan usul pertemuan yang menurut rencana bakal dilakukan pada 11 Februari mendatang di wilayah perbatasan Panmunjom di zona demiliterisasi yang membagi Semenanjung Korea menjadi dua.

Wakil Menteri Luar Negeri AS James Steinberg mengimbau Pyongyang untuk menunjukkan niat baik mereka untuk menggelar dialog damai.


MI

0 komentar:

Post a Comment