Clock By Blog Tips

Friday, January 14, 2011

Gates: Pejabat Sipil dan Militer China Tidak Kompak

TOKYO - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Robert Gates mengatakan dia menemukan tanda-tanda yang menunjukkan pejabat sipil dan militer di China berjalan secara tidak sinergis. Namun, dia yakin Presiden Hu Jintao tetap merupakan pemegang komando tertinggi.

Pada saat Gates menemui hu dan sejumlah pejabat tinggi China lainnya dalam kunjungan ke Beijing, media nasional China mempublikasikan foto-foto J-20 yang tengah melakukan debutnya. J-20 adalah pesawat tempur siluman pertama milik China.

Sikap Hu dan para pejabat China lain yang menurut Gates tidak terlalu peduli dengan ujicoba pesawat J-20 menimbulkan pertanyaan terkait dengan peran militer, terkait hubungannya dengan para pejabat sipil, di China.

"Ini adalah sebuah tanda ketidaksinergisan antara para pejabat sipil dan militer di China dalam beberapa tahun terakhir," tutur Gates seperti disitat AFP pada Jumat (14/1/2011).

Dia menyebut pejabat sipil China terlihat tidak peduli dengan tindakan agresif kapal-kapal milik Angkatan Laut (AL) mereka beberapa tahun terakhir. Menhan AS juga menangkap indikasi yang sangat jelas bahwa mereka tidak peduli dengan ujicoba J-20.

Namun, Gates menekankan, "tidak ada keraguan, Presiden Hu Jintao masih tetap memegang komando tertinggi di China."
 
okezone

0 komentar:

Post a Comment