Clock By Blog Tips

Friday, January 14, 2011

"AS Mampu Hancurkan Nuklir Korut"

Foto: Jenderal Walter Sharp di Yeonpyeong. (Reuters)
WASHINGTON - Komandan Pasukan Amerika Serikat (AS) di Korea, Jenderal Walter Sharp mengatakan AS sungguh mampu menghancurkan sistem peluru kendali jarak jauh Korea Utara (Korut). Tindakan tersebut akan dilakukan jika negara komunis ini dianggap melakukan ancaman besar.

Komentar ini disampaikan setelah sebelumnya Menteri Pertahanan AS Robert Gates memperingatkan negaranya senjata Korut akan dapat menghantam wilayah negaranya dalam lima tahun ke depan. Gates mengatakan hal ini dalam kunjungannya ke China, sekutu utama Korut.

"Apa yang harus kita persiapkan pertama kali adalah menangkal. Jika penangkalan tidak berjalan sebagaimana mestinya, kita harus siap untuk merespons (melawan)," ujar Sharp seperti dilansir AFP, Jumat (14/1/2011).

"Pasukan aliansi kami sungguh punya kemampuan untuk itu (menghancurkan sistem peluru kendali Korut)," tegas Sharp. Korut telah tiga kali melakukan uji coba peluru kendali, terakhir pada April 2009, di mana salah satu peluru kendali sempat melewati wilayah udara Jepang dan melandas di Pasifik.

Proses diplomasi dengan Korut juga masih mandek. AS mendesak Pyongyang harus menghormati kesepakatan yang telah dicapai sebelumnya melalui jalur perundingan six-party talks. Korut sebelumnya sudah sepakat menghentikan program nuklirnya.

Kenyataannya, sejumlah tindakan agresif Korut, menyerang kapal Cheonan dan Pulau Yeonpyeong, terhadap Korsel telah memanaskan tensi kawasan semenanjung.
 
okezone
 

0 komentar:

Post a Comment