Clock By Blog Tips

Wednesday, January 5, 2011

China Selesaikan Prototipe Pesawat Siluman

Pesawat yang diduga prototipe pesawat tempur siluman Cina (republika)
BEIJING - Sebuah laporan memperkirakan China akan menyelesaikan prototipe pesawat siluman pertamanya. Ini tampaknya merupakan salah satu usaha China memodernisasi militernya menjelang kunjungan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS). 

Foto-foto yang dipublikasikan melalui internet sebuah media Jepang mengindikasikan China baru saja rampung menyusun rencana ujicoba pesawat tempur tipe J-20 di sebuah lapangan udara bagian barat daya China.

Seperti dilansir AFP pada Rabu (5/1/2011), China rencananya akan memulai ujicoba itu pada awal bulan ini. Jika lancar, mereka berencana menyiagakan pesawat tempur tersebut pada 2017.

Pesawat tempur itu akan dilengkapi dengan rudal berukuran besar yang dapat mencapai Guam. Pesawat ini juga akan dilengkapi dengan sistem pengisian bahan bakar di udara. Namun, masih dibutuhkan waktu 10 hingga 15 tahun lagi untuk mengembangkan teknologi yang setara dengan pesawat tempur siluman F-22 milik AS.

"Sementara kita fokus mengembangkan kekuatan di lautan, pihak militer China bergerak cepat memodernisasi pasukan udaranya. Kebijakan China ini bisa jadi akan berdampak pada perimbangan kekuatan militer di Asia Timur," sebut media Jepang Asahi Shimbun.

Pada akhir 2009, wakil kepala Angkatan Udara China Jenderal He Weirong mengatakan pesawat tempur siluman China akan mulai beroperasi antara tahun 2017 dan 2019. Para pejabat di Kementerian Pertahanan China masih menolak berkomentar mengenai isu ini.
 
okezone
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment