Clock By Blog Tips

Monday, December 20, 2010

Latihan Perang Korsel Berakhir

Marinir Korsel saat latihan perang (Foto: Reuters)
YEONPYEONG - Latihan perang militer Korea Selatan (Korsel) berakhir. Militer Korsel menyatakan seusai latihan, tidak ada respons dari militer Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Associated Press, Senin (20/12/2010), Departemen Pertahanan Korsel mengatakan latihan yang menggunakan amunisi organik tersebut hanya berlangsung selama 90 menit. 
Korsel bahkan mengerahkan jet tempurnya guna mencegah kemungkinan serangan artileri dari Korut saat latihan berlangsung di Pulau Yeonpyeong.
Latihan ini dilakukan setelah sebulan sebelumnya, pihak Korut melancarkan serangan artileri ke Pulau Yeonpyeong yang menewaskan empat warga Korsel. Korut menilai wilayah perairan di Pulau Yeongpyeon adalah wilayah kekuasaannya.
Sebelumnya PBB berupaya keras membujuk Korsel agar tidak melakukan latihan perang. Permintaan ini untuk mencegah ketegangan baru di Semenanjung Korea. 
Dewan Keamanan PBB gagal menyapakati pernyataan bersama mengenai keadaan di Semenanjung Korea. Suara di DK PB sepertinya terpecah mengenai masalah ketegangan yang terjadi antara dua Korea ini. 
okezone

0 komentar:

Post a Comment