Clock By Blog Tips

Tuesday, December 21, 2010

Korut Enggan Balas Latihan Korsel


SEOUL - Pasukan Korea Utara enggan membalas “serangan” berupa tembakan pasukan Korsel yang diarahkan ke kawasan sengketa antara Korsel dan Korut di dekat Pulau Yeonpyeong, Senin.

Sebelumnya, Korut sesumbar akan menjadikan latihan militer Korsel sebagai alasan untuk melancarkan serangan militer ke wilayah Selatan. Namun Korsel dan AS tetap menjalankan latihan sesuai jadwal dengan dukungan kapal induk dan pesawat modern, F-15 Eagle.

Militer Korut mengeluarkan pernyataan, “Tak sepadan bereaksi terhadap latihan Korsel.” Pernyataan itu menunjukkan upaya diplomatik yang dilakukan untuk meredam prospek sebuah perang baru di Semenanjung Korea telah berhasil .

Seperti diketahui, bulan lalu Korut menembakkan peluru ke Pulau Yeonpyeong yang menewaskan empat orang, dua sipil dan dua marinir. Tembakan itu dilepaskan menyusul latihan perang pihak Korsel.

Sejauh ini pihak Korut menyatakan Pulau Yeonpyeong yang terletak hanya tujuh mil dari pantai barat mereka sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah mereka. (A-26).*

(PRLM)

0 komentar:

Post a Comment