Clock By Blog Tips

Monday, December 6, 2010

Iran Tetap akan Lanjutan Program Nuklir

TAHERAN - Iran telah membuat kumpulan pertama uranium kue kuning atau yellowcake sebagai lanjutan dari program nuklirnya, Minggu (5/12). Seperti yang dikutip media pemerintah Iran, aktivitas itu berlangsung sehari sebelum lanjutan dialog antara Iran dan negara-negara penentang program nuklir Iran.

Kepala Program Energi Nuklir Iran Ali Akbar Salehi mengatakan Taheran sudah membuat kemajuan dalam penerapan teknologi walaupun sedang dikenai sanksi oleh PBB dan Barat. "Tidak peduli seberapa besar upaya yang akan mereka lakukan untuk memberikan sanksi dan menciptakan segala hambatan, aktivitas nuklir kami akan terus berlanjut," tegas Salehi.

Iran akan tetap melanjutkan program nuklirnya untuk tujuan damai tapi Barat menuding proyek nuklir ini adalah langkah Taheran untuk membuat bom atom. Sejak 1970-an, Iran sudah menggunakan yellowcake yang dibeli dari Afrika Selatan.

"Pengiriman pertama yellowcake dari (kota) Bandar Abbas telah diterima hari ini di fasilitas nuklir di Isfahan. Tentu saja, seluruh proses ini diawasi oleh IAEA (Badan Energi Atom  Internasional)," kata Salehi.

Sedangkan, para pengamat berpendapat tidak akan ada kesepakatan baru dalam dialog yang rencananya akan digelar di Genewa,6-7 Desember antara Iran dengan Barat. (Rtr/*/OL-04)

MI

0 komentar:

Post a Comment