Clock By Blog Tips

Monday, December 13, 2010

AS: Korsel Hilang Kesabaran

Laksamana Dennis Blair
WASHINGTON - Mantan Kepala Badan Intelijen Amerika Serikat (AS) Laksamana Dennis Blair melihat Korea Selatan (Korsel) mulai hilang kesabaran dalam menghadapi provokasi dari Korea Utara (Korut). 
Korsel menurutnya akan segera mengambil langkah-langkah militer untuk menyelesaikan masalah ini. 

Blair yang pernah menjabat sebagai Direktur Badan Intelijen Nasional berpendapat konflik di semenanjung Korea tidak akan mengalami eskalasi ke kondisi perang besar. Pasalnya Korut telah menyadari pihaknya akan kalah jika konflik berubah menjadi perang. 

"Saya rasa perang tidak akan terjadi, walaupun akan tetap ada konfrontasi bersenjata pada level yang jauh lebih kecil. Saya melihat kondisi ini cenderung akan dilanjutkan dengan proses negosiasi," ujar Blair. 

Blair yang baru saja kembali dari kunjungannya ke Korsel mengatakan serangan artileri Korut baru-baru ini ke Pulau Yeonpyeong milik Korsel dan juga serangan terhadap kapal perang Korsel beberapa bulan lalu sudah melampaui batas.

"Saya pikir Korsel mulai kehilangan kesabaran terhadap Korut, walaupun tingkat kesabaran mereka sebenarnya sangat tinggi," ujarnya.

"Ini artinya Korsel akan segera mengambil tindakan militer dalam menghadapi Korut," pungkasnya seperti dikutip AFP, Senin (13/12/2010).
okezone

0 komentar:

Post a Comment