Clock By Blog Tips

Thursday, January 6, 2011

AS Tidak Khawatirkan Pesawat Siluman China

WASHINGTON - Seorang pejabat tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengaku tidak terlalu khawatir dengan kepemilikan pesawat siluman oleh China. Namun dia mengakui AS terkejut dengan langkah sejumlah negara Asia dalam mengembangkan kapabilitas militernya.

Menjelang kunjungan Menteri Pertahanan AS Robert Gates ke Beijing, beredar foto-foto yang menampilkan sebuah prototipe pesawat siluman tipe J-20 di sebuah pangkalan udara China.

Namun Wakil Laksamana David Dorsett, yang juga Direktur Dinas Intelijen Angkatan Laut AS, memprediksi butuh waktu bertahun-tahun sebelum pesawat tempur AS tersebut bisa mulai beroperasi. "Butuh waktu cukup lama untuk mengembangkan sebuah pesawat siluman dan mengintegrasikannya ke suasana pertempuran," ujarnya.

Seperti dilansir AFP pada Kamis (6/1/2011), Dorsett juga mengatakan dia tidak terkejut China mengembangkan pesawat tempur siluman. Menurutnya, itu adalah hal wajar untuk menyaingi generasi kelima pesawat siluman AS F-22 Raptor.

Sejumlah pengamat militer meminta semua pihak tetap mewaspadai China. Negara inimenurut mereka bisa saja tengah mengembangkan versi baru dari rudal balistik Dongfeng 21 (DF-21D). Rudal ini diyakini dapat menembus segala jenis pertahanan, termasuk kapal-kapal perang AS, dan dapat menjangkau wilayah-wilayah yang ada di luar wilayah perairan China.

"Kami ragu mereka bisa dan mampu menciptakan senjata dengan teknologi seperti itu," tandas Dorsett.
 
okezone
Beware | Interesting

0 komentar:

Post a Comment