Tercatat bahwa penerbangan untuk
tujuan militer terjadi pada tahun 1794 selama Pertempuran Fleurus.
Ketika itu Prancis menggunakan balon udara untuk mengintai pergerakan
tentara Austria selama pertempuran. Meskipun sukses pada saat itu,
banyak kemajuan telah dibuat dalam bidang kekuatan udara militer.
Daftar nama-nama berikut adalah10 (Sepuluh) pesawat militer tercepat yang pernah ada. Semua diwakili di kecepatan mach atau satuan kecepatan suara dan masing-masing dari pesawat yang
dikemudikan menggunakan mesin jet. Sekedar tahu saja kecepatan 1 mach
setara dengan 1.225 Km/jam!.
10. F-14D Super Tomcat– Mach 2.34
Jika Anda pernah menonton Top Gun,
Anda pasti melihat Tomcat, meskipun mungkin salah satu dari seri
sebelumnya. Tomcat F-14D, dirancang oleh Grumman, jelas merupakan salah
satu dari jenis pesawat militer tercepat.
Mampu mencapai kecepatan di 2,34 mach,
pesawat itu dibuat untuk dapat menghancurkan pesawat musuh pada malam
hari. Sementara banyak pesawat yang hanya diijinkan untuk terbang dalam
cuaca yang layak, F-14D bisa terbang dan menghancurkan dalam semua jenis
kondisi. Tidak hanya itu, selain dapat menyerang pada malam hari dan
dalam cuaca yang tidak terlalu baik, pesawat ini juga mampu menembak
sekaligus 6 target pada waktu yang sama. Tomcat juga bagus untuk
mendeteksi pesawat musuh dari jarak 100 mil.
Penerbangan perdananya pada tanggal 23
November 1987 dari halaman Calverton Grumman dan prototipe akhir
melakukan penerbangan pada tanggal 9 Februari 1990. Tomcat F-14D adalah
seri terakhir dari seri F-14 F yang upgrade dengan perangkat lunak
komputer yang jauh lebih handal dan canggih. Namun, Menteri Pertahanan
Dick Cheney menganggap pesawat ini tidak cukup kompetitif untuk bersaing
dengan teknologi modern saat ini dan membatalkan produksi F-14 tahun
2008.
Apa kabarnya sekarang?
Pada tanggal 10 Maret 2006, Tomcat F-14D
pensiun dari dinasnya di Angkatan Laut Amerika Serikat. Sebelumnya,
pada tanggal 8 Februari 2006 ditandai sebagai tanggal terakhir pesawat
ini digunakan ketika terlibat dalam pertempuran di Irak.
Pesawat ini dibangun sebanyak 712 unit,
tapi kebanyakan daripadanya saat ini harus ‘dihukum’ dengan kejam.
Tomcat yang masih utuh tanpa banyak kerusakan mekanis disimpan di
Davis-Monthan Air Force Base. Anda juga akan menemukan banyak model di
berbagai lintasan udara dan ruang museum. Namun yang lainnya sengaja
dihancurkan sehingga Iran dan negara-negara lain tidak akan mendapatkan
akses ke sparepart pesawat ini (dilaporkan 20 unit F-14 di Iran yang
masih operasional, dari total 44 unit seluruhnya).
Pada tahun 2007, 23 dari 165 Tomcat
sengaja dihancurkan. Biaya penghancuran pesawat secara benar sekitar $
900.000, ini setara dengan sekitar 42% dari biaya total pembuatan Super
Tomcat F-14D!.
9. MiG-23 Flogger – Mach 2.35
MiG-23 Flogger dibangun untuk
menggantikan MiG-21 Fishbed sebelumnya. Dibuat dengan mesin yang lebih
kuat serta setelan sudut sayap menyapu yang mampu mengubah variabel
seperti kecepatan, waktu lepas landas, dan waktu pendaratan.
Mereka yang pernah terbang bersama
pesawat ini mengatakan bahwa Flogger adalah salah satu pesawat tempur
terbaik yang pernah dibuat dan relatif mudah untuk diterbangkan.
Meskipun digunakan untuk pertahanan
Rusia dengan sistem pelacakan dan radar inframerah, pesawat ini
diakuisisi oleh AS dan berganti nama menjadi YF-113 dengan beberapa
perubahan.
Flogger banyak digunakan oleh Uni Soviet
serta Hungaria, Polandia, Bulgaria, Jerman Timur, dan beberapa sekutu
Pakta Warsawa. Negara-negara seperti Kuba, Korea Utara, India, Mesir,
Suriah, dan lain-lain juga memiliki MiG-23S.
Apa kabarnya sekarang?
Meskipun tidak digunakan sesering itu di
masa lalu, MiG-23 tetap seorang pejuang yang sangat populer di berbagai
negara. Sekitar 11.000 unit MiG-23S masih diterbangkan oleh berbagai
kelompok angkatan udara di seluruh dunia, seperti Angola, Ukraina,
Sudan, Kazakhstan, dan India. MiG-23S juga dijumpai di berbagai museum,
termasuk Museum Perang Besar Patriotik di Kiev dan Museum Penerbangan di
Beograd.
8. Su-27 Flanker – Mach 2.35
Uni Soviet menciptakan Su-27 Flanker
untuk menyaingi supremasi udara AS dengan F-15 Eagle dan F-16 Fighting
Falcon-nya. Mampu terbang dengan kecepatan 2,35 mach, Flanker menjadi
pesawat tempur paling tangguh pada masanya.
Rancangan akhir Su-27 selesai pada
tanggal 20 April 1981. Flanker banyak mencatat rekor, termasuk kecepatan
take-off dan tertinggi dalam mendaki ketinggian. Meskipun merupakan
proyek Rusia, negara-negara lain seperti Vietnam dan Cina sangat
tertarik dalam memproduksi Flanker dengan versi mereka sendiri, tapi ini
biaya yang harus dikeluarkan sangat menawan : $ 180 juta!.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini Anda akan menemukan Su-27
Flankers tetap terbang dan masih digunakan militer. Meskipun Uni Soviet
telah menjadi sejarah, Rusia masih memiliki 449 pesawat yang aktif,
Belarus memiliki 19 unit, dan Ukraina 74 unit. Selain negara-negara ini,
AS, Ethiopia, Indonesia dan negara lain juga memiliki beberapa pesawat ini. Saat ini, pesawat tersebut dijual dengan harga sekitar $ 5 juta. Berminat!
7. F-14 Tomcat – Mach 2.37
Angkatan Laut Amerika Serikat sedang
mencari seorang petarung jangka panjang dan Grumman memiliki jawabannya:
F-14. Dilengkapi dengan setelan sudut sayap yang dapat diubah dan
kapasitas bahan bakar besar, pesawat ini memang jempolan. Dengan
kemampuan menembakkan rudal ke pesawat musuh dari lebih dari 100 mil,
menjadi sangat berguna untuk melindungi kapal induk yang dari diserang
dari udara.
Setelah Uni Soviet bubar tahun 1990-an,
Pesawat ini diturunkan kemampuannya hanya untuk serangan darat terbatas
dan kemampuan yang diinstal sebelumnya tidak lagi dibutuhkan. Hari ini
F14 telah digantikan oleh F/A-18E/F Super Hornet karena meningkatnya
biaya pemeliharaan.
Apa kabarnya sekarang?
Tomcat F-14D sudah pensiun pada tanggal
22 September 1996. Misi militer terakhirnya adalah menjatuhkan bom di
Irak pada tanggal 8 Februari tahun yang sama. Karena biaya untuk
membangun dan memelihara F-14 itu terlalu mahal, penciptaan setiap F-14
baru telah dihentikan, dan tomcat yang masih beroperasi secara
perlahan-lahan diturunkan dari udara. Di AS, Anda tidak akan menemukan
F-14 terbang atau melawan pesawat asing. Sebaliknya, anda akan sering
menjumpai mereka di museum-museum.
Meskipun tak satupun F-14 yang terbang
di AS lagi, Angkatan Udara Iran masih memilikinya ketika AS menghibahkan
kepada mereka pada tahun 1976. Sehingga Iran adalah satu-satunya
negara selain AS yang menggunakan pesawat ini.
6. Su-24 Fencer – Mach 2.4
Su-24 Fencer adalah pesawat buatan
Soviet yang awalnya dimaksudkan untuk menyaingi US F-111. Namun Fencer
membuktikan bahwa ia jauh lebih baik, jauh lebih cepat, kecil, ringan,
dan lebih kuat daripada F-111. Bahkan, Fencer sering disebut sebagi
pesawat paling berbahaya yang pernah dimiliki Uni Soviet.
Keunggulan pesawat ini adalah bahwa ia
mampu mencapai mach 2,4 pada ketinggian rendah, sementara tidak banyak
pesawat yang mampu melakukannya. Dibutuhkan ketinggian tertentu untuk
bisa terbang pada kecepatan supersonik. Fencer juga dilengkapi dengan
rudal laser-designators yang mempunyai akurasi lebih baik. Teknologi ini
bersama dengan radar membuat Fencer sangat kuat. Meskipun penerbangan
perdananya pada 2 Juli 1967, secara resmi Fencer diperkenalkan pada
militer tahun 1974.
Apa kabarnya sekarang?
Su-24 Fencers dibangun sebanyak 1.400
unit. Pesawat masih digunakan oleh AU Rusia serta Ukraina Air Force.
Pesawat ini digunakan pada tahun 2008 selama konflik di Georgia. Selain
kedua negara tersebut, tempat-tempat seperti Iran, Aljazair, Irak,
Libya, Belarus, dan banyak negara lain masih menggunakan pesawat untuk
militer mereka.
5. F-111 Aardvark – Mach 2.5
F-111 Aardvark mungkin paling dikenal
dengan desain modul kokpit untuk dua awak yang dirancang lepas pada
keadaan darurat. Pertama dirancang awal 1960-an oleh General Dynamics,
F-111 Aardvark, meskipun mempunyai nama yang aneh, Aardvark adalah
pembom strategis yang banyak digunakan pada waktu itu.
Pertama kali mengudara pada tanggal 21
Desember 1964 dan dibawa bergabung ke militer pada bulan Juli 1967.
Tujuan dibangunnya F-111 adalah sebagai interceptor jarak jauh
bagi US Navy serta pesawat pembom Angkatan Udara. Namun kemudian,
pesawat hanya bermanfaat bagi Angkatan Udara sebab ketika berkumpul dan
siap untuk dimasukkan ke carrier dek kapal induk Angkatan Laut, mereka dianggap terlalu berat untuk digunakan.
Apa kabarnya sekarang?
Selama Perang Vietnam, F-111 paling
banyak digunakan, namun karena biaya operasional yang tinggi, pesawat
ini perlahan dipensiunkan. Hari ini F-111 Aardvark tidak digunakan di
Amerika Serikat. Angkatan Udara Amerika Serikat berhenti menggunakan
pesawat pada tahun 1998. Di AS, Anda akan menemukan F-111 dipamerkan di
berbagai museum, termasuk California, Illinois, Texas, Alabama, New
York, Ohio, New Mexico, dan banyak tempat lainnya. Australia masih
menggunakan armada cukup kecil dari F-111C, namun negara itu berencana
untuk berhenti menggunakannya pada akhir tahun 2010 dan digantikan oleh
F-35.
4. F-15 Eagle – Mach 2.5
Untuk menggantikan F-4 Phantom yang sudah out of date,
Angkatan Udara AS mencari pesawat tempur superior yang canggih dengan
kemampuan jelajah jarak jauh. Pada tahun 1965 permintaan itu dibuat,
hanya tujuh tahun kemudian pesawat itu sudah terbang untuk pertama
kalinya dan bergabung ke militer pada tahun 1979.
McDonnell Douglas, sebuah perusahaan
yang dikenal sebagai pembuat Boeing, membuat pesawat yang memiliki sayap
besar dengan kelincahan yang luar biasa untuk ukuran pesawat sekitar 64
meter panjang dan bentang sayap 42 kaki itu. Meskipun pesawat lebih
besar dari ukuran rata-rata kebanyakan pesawat tempur, penggunaan
titanium serta kompresi mesin jet yang disesuaikan memungkinkan pesawat
mencapai kecepatan Mach 2,5 dalam waktu singkat. Namun, Eagle hanya
mampu melaju sekitar 1,78 mach ketika dimuati senjata.
Tentu saja seperti kebanyakan pesawat,
F-15 Eagle punya berbagai seri, termasuk F-15A dan F-15D. Model-model
baru yang jauh lebih canggih, dilengkapi dengan radar top-of-the-line,
komputer baru, dan banyak lagi.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini, F-15 Eagle adalah salah satu
dari beberapa pesawat pada yang masih digunakan oleh pasukan AS termasuk
Garda Nasional serta Angkatan Udara. Eagle sering dianggap sebagai
salah satu pesawat paling sukses yang pernah dibuat. Pesawat ini
memiliki lebih dari 100 misi sukses sejak debutnya. Banyak digunakan
dalam konflik Timur Tengah di masa lalu. Dalam perang Irak dan misi
untuk Operasi Kebebasan Irak, F-15 telah terbukti sebagai unsur vital
bagi keberhasilan dalam perang. Di luar AS, banyak negara memutuskan
untuk tetap menggunakan F-15. Termasuk Jepang, Israel, dan Arab Saudi.
3. MiG-31 Foxhound – Mach 2.83
Debut penerbangan pertama pada tanggal
16 September 1975, MiG-31 Foxhound dibuat untuk menggantikan MiG-25.
Tugasnya mencegat pesawat asing dengan kecepatan tinggi serta
menggagalkan rudal jelajah dan pesawat yang terbang rendah. Meskipun
mirip dengan MiG-25, Foxhound mengalami perombakan besar. Pesawat dibuat
lebih besar dari MiG-25. Memiliki kemampuan untuk terbang dengan
kecepatan supersonik, bahkan di ketinggian rendah. Pesawat juga telah
diberikan mesin baru dengan kapasitas besar serta sistem pelacakan radar
canggih yang membuat Foxhound jauh lebih handal dan efisien dalam
pekerjaannya.
Resmi masuk militer pada tahun 1983,
Foxhound perlahan menggantikan penggunaan MiG-25. Sekitar 400-500 unit
MiG-31 diciptakan untuk Rusia dan Uni Soviet.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini, Rusia, Kazakhstan, dan segera
menyusul Suriah mengandalkan MiG-31. Rusia memiliki sekitar 286 unit
yang digunakan untuk tujuan militer, dengan tambahan cadangan sebanyak
100 unit. Kazakhstan juga memiliki beberapa Foxhounds, tetapi banyak
yang tidak beroperasi, tetapi negara ini berencana memperbaiki sekitar
10 unit yang akan digunakan Angkatan Udara mereka. Suriah memang belum
memiliki Foxhounds, namun mereka telah memesan pesawat ini.
2. MiG-25R Foxbat-B – Mach 3.2
Pada tahun 1959, Uni Soviet memfokuskan
diri pada penciptaan pesawat tempur yang bisa mencegat serta digunakan
untuk kegiatan pengintaian sekaligus.
Seperti beberapa pesawat Rusia lainnya,
pesawat ini diciptakan untuk menyaingi pesawat AS seperti Lockheed SR-71
serta North American XB-70. Pada bulan Maret 1964, MiG-25R Foxbat
melakukan penerbangan perdana dan segera pada tahun 1969, undang-undang
ditandatangani untuk memungkinkan pengujian pesawat dengan kemampuan
pengintaian dan tes dilakukan tahun 1970.
Pada tahun 1972 desain penyempurnaan
telah digunakan oleh Angkatan Udara Uni Soviet. Pesawat dilengkapi
dengan sistem pengendalian kebakaran otomatis serta radar besar dengan
sistem look-down dan shoot-down setelah tahun 1980 ketika semua MiG
diperbarui.
MiG-25R Foxbat juga mampu membom
stasioner menggunakan bom jatuh bebas dari ketinggian 65.000 ft sambil
tetap terbang dengan kecepatan supersonik. Ada juga sistem terinstal
yang memungkinkan pesawat untuk menjatuhkan 10 bom sekaligus!
Apa kabarnya sekarang?
Berbagai negara di seluruh dunia masih
menggunakan MiG-25R. Tempat-tempat seperti Azerbaijan, Kazakhstan,
Suriah, Turkmenistan, Iran, dan Aljazair semua punya akses ke pesawat.
Tentu saja, Rusia sebagai pengrajin utama pesawat tetap terus
menggunakannya. Sekitar unit 39 unit MiG-25 telah dibangun. Sementara
beberapa masih diterbangkan, yang lain telah dimuseumkan, termasuk yang
berada di Museum Nasional Angkatan Udara Amerika Serikat di Dayton,
Ohio.
1. SR-71 Blackbird – Mach 3.2+
Meskipun pertama kali diperkenalkan pada
1966, SR-71 Blackbird masih dinobatkan sebagai pesawat berawak
pengintai tercepat hingga empat dekade kemudian. Diproduksi oleh
Lockheed, SR-71 ini dirancang oleh Clarence “Kelly” Johnson eorang tokoh
penting dalam sejarah penerbangan.
Memulai debutnya pada tanggal 22
Desember 1964, dan memulai karir di militer pada Januari 1966. SR-71
mampu terbang dengan kecepatan mach 3,2 bahkan lebih. SR-71 adalah
pesawat pengintai U-2 yang sangat rentan bagi pertahanan udara Soviet
karena kecepatan dan kemampuan terbangnya yang lebih tinggi dan
dilengkapi dengan kemampuan untuk melarikan diri.
Faktanya, pesawat ini tidak pernah jatuh
oleh musuh, 12 unit dari 32 unit yang pernah dibuat hancur dalam
kecelakaan. Pesawat dicat dengan cat teknologi baru yang memungkinkan
sulit dilacak radar. Bentuk keseluruhan pesawat juga menjadi salah satu
pesawat stealth teknologi pertama.
Apa kabarnya sekarang?
Hari ini Anda tidak akan menemukan SR-71
terbang di antara awan. Sebaliknya, Anda hanya akan menemukannya di
museum, atau jika Anda bekerja untuk Lockheed di Palmdale, Anda akan
menemukan tiga dari mereka dikunci di gudang hanggar mereka.
SR-71 itu secara permanen pensiun pada
tahun 1998 ketika Kongres dan Angkatan Udara AS memutuskan pesawat ini
sangat mahal untuk pemeliharaan dan biaya operasionalnya. Meskipun
pensiun untuk pertama kalinya pada tahun 1991, Kongres memutuskan
mengaktifkan kembali armada kecil untuk digunakan selama Perang Dingin.
Upgrade mengagumkan untuk pesawat, seperti sistem radar canggih dan link
data yang dapat mengirim gambar secara real time, SR-71 tetap
di’hanggar’kan pada tahun 1998 untuk selamanya.
Jika Anda pernah ingin melihat jejak
kehebatan SR-71, Anda dapat menemukannya di berbagai ruang museum serta
di pangkalan Angkatan Udara di Tucson, Arizona; Edwards Air Force Base
di California; Kalamazoo, Michigan; Eglin Air Force Base di Florida;
serta berbagai museum di California, Inggris, Ashland, Nebraska, Ohio,
Utah, dan Virginia.
Sumber : Pesawatterbang
0 komentar:
Post a Comment