Clock By Blog Tips

Wednesday, May 23, 2012

Azerbaijan Tolak Gabung Koalisi Militer

Elman Abdullayev

Azerbaijan untuk sementara takkan bergabung dalam koalisi militer apa pun, demikian pernyataan juru bicara Kementerian Luar Negeri Azerbaijan Elman Abdullayev kepada media setempat di Baku.

Menurut Abdullayev, Azerbaijan telah bergabung dengan Gerakan Non Blok (GNB) dan takkan bergabung dengan blok militer apa pun.

"Saat ini Azerbaijan setia pada kebijakan independennya dan takkan bergabung dengan blok militer apa pun, termasuk NATO. Pada saat yang sama, Azerbaijan menelusuri jalur integrasi ke dalam Lembaga Atlantik-Eropa. Keanggotaan dan integrasi adalah dua hal yang agak berbeda," ia menjelaskan.

Tahun lalu, saat mengomentari bersatunya Azerbaijan ke dalam GNB, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri di Baku Elxan Poluxov mengatakan keputusan untuk bergabung dengan GNB tak bertentangan dengan keinginan Baku bergabung dengan Eropa, yang sejak dulu selalu dibatasi oleh kondisi.

Saat berpidato di hadapan para kepala negara dan pemerintah mengenai Afghanistan pada Senin (21/5) di Chicago, Amerika Serikat, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan, "Azerbaijan akan melanjutkan misi pemelihara perdamaiannya di Afghanistan sampai akhir 2014 dan selanjutnya, jika perlu."

"Sejak awal, Azerbaijan telah melancarkan setiap upaya guna menjamin perdamaian dan keamanan di Afghanistan," kata Presiden Azerbaijan itu sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu (23/5).

Azerbaijan dan tetangganya, Georgia, adalah negara persinggahan penting bagi tentara AS dan NATO dan pasokan ke Afghanistan melalui jaringan pelabuhan dan jalan darat, yang dikenal sebagai Jaringan Distribusi Utara.

Azerbaijan memberi sumbangan satu pleton buat Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF), pimpinan NATO, di Afghanistan pada 2002 dengan tujuan memberi bantuan bagi terwujudnya perdamaian, keamanan dan ketenangan di Afghanistan.




Sumber : Gatra

0 komentar:

Post a Comment