Clock By Blog Tips

Wednesday, May 23, 2012

China: Negara Sahabat Jangan Takut

Tipe 071 (Yuzhao-kelas) adalah kapal perang amfibi dari PLAN - Tentara Pembebasan Rakyat China Angkatan Laut. dibangun oleh galangan kapal yg berbasis di Shanghai Hudong-Zhonghua, dan layanan masuk pertama pada akhir-2007.

China kembali menyoroti kebijakan militer Amerika Serikat (AS) di Asia dan mengutarakan keberatannya terhadap rencana Pentagon yang hendak membangun misi spionase maya secara agresif. China sendiri menanggapinya dengan meningkatkan kekuatan militer dan berpesan agar negara-negara sahabat tidak khawatir dengan itu.

    "Pembangunan kekuatan militer China, diperbolehkan. Bila satu negara tidak memusuhi China, negara itu tidak akan khawatir akan peningkatan kekuatan militer kami," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei, Minggu (20/5).

    Pentagon turut menuding China melakukan aktivitas intelijen di dunia maya yang ditujukan ke Pemerintah AS serta perusahaan-perusahaan milik Negeri Paman Sam. China juga dituding mengeksploitasi teknologi perdagangan Barat dan membeli senjata anti-misil dalam jumlah banyak.

    Pada 2012, anggaran militer China mencapai 106 miliar dolar AS atau sekitar Rp 985 triliun atau meningkat 11,2 persen dibanding tahun sebelumnya.

    AS sangat khawatir, kekuatan militer China dapat mengganggu aktivitas kapal tempur AS yang ada di wilayah Pasifik. AS juga mengklaim, anggaran militer China melebihi Rp 985 triliun karena China melakukan pembelian senjata dari luar negeri dan memperkuat senjata nuklirnya.

    Negeri Paman Sam akhirnya memutuskan untuk menjual 66 jet tempur F16 ke Taiwan, dalam rangka meningkatkan kemampuan pertahanan negara tersebut dan Taiwan pun akhirnya menyambut keputusan AS.

    Seiring dengan pemotongan anggaran pertahanan oleh Pentagon, AS tampaknya hanya dapat mengerahkan beberapa kapal perangnya ke kawasan Asia. Sementara, China bersiap memperbaharui kekuatan angkatan lautnya dan meluncurkan kapal baru.

    Perusahaan pembuat kapal di Shanghai, China, Hudong Zhonghua meluncurkan produk barunya yakni kapal perang amphibi 071. Bersamaan dengan itu, para pengamat menilai bahwa hal itu akan semakin meningkatkan pengaruh China di kawasan Asia.

    Kapal perang dan kapal selam China tercanggih, saat ini sudah dilengkapi dengan sistem pertahanan anti-serangan udara. Menurut laporan dari Pentagon pada 2011 lalu, China memiliki 75 kapal tempur besar, 60 kapal selam, 55 kapal tempur dengan ukuran sedang dan juga kapal amphibi.

    Meski China mengerahkan armada tempurnya, Negeri Panda itu berniat akan terus mengintensifkan kontak militer dengan AS yang akan menempatkan pasukannya di Asia. Kerja sama itu digagas oleh Wakil Presiden China Xi Jinping yang diperkirakan akan menjadi Presiden China, menggantikan Hu Jintao.

    Menanggapi hal itu, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta masih mendesak China agar bersifat lebih transparan ketika melakukan peningkatan kekuatan militer.



Sumber : Suara Karya

0 komentar:

Post a Comment